Batam, News, Kepri

Imigrasi Batam Akan Tindak Tegas Jika Ada yang Lakukan Praktek Pungli

Egi | Senin 05 Jul 2021 16:17 WIB | 1174

Imigrasi


Kabid Infokim Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam Tessa Harumdila (foto : egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam angkat bicara terkait adanya informasi oknum Pejabat Imigrasi Batam yang melakukan Pungutan Liar (Pungli) terhadap para agen kapal.


Kepala Bidang Teknologi Informasi (Kabid Infokim) Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam Tessa Harumdila mengatakan Imigrasi Batam akan terus berkomitmen untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).


"Dengan adanya informasi praktek pungli ini, Imigrasi Batam pastikan tidak adanya karyawan yang melakukan praktek pungli tersebut. Karena Imigrasi Batam berkomitmen untuk menuju WBK/WBBM akan tetap ada dan terus berlanjut," ujar Tessa pada Senin (5/7/2021) siang di media center Imigrasi Batam.


Lanjutnya, untuk informasi yang beredar di masyarakat tersebut sudah kita lakukan pemeriksaan terhadap seluruh karyawan Imigrasi yang bertugas di wilayah pelabuhan Batu Ampar.


"Dari inisial nama yang kita terima, tidak ada yang sesuai dengan inisial tersebut, dan semua kinerja karyawan juga dilakukan pengecekan, dan tidak ditemukan adanya tindakan pungli tersebut," ungkapnya.


Tessa juga berkomunikasi dan mengadakan pertemuan dengan seluruh agen kapal di Kota Batam untuk mempertanyakan, apakah ada agen-agen kapal yang merasa dirugikan oleh Imigrasi Batam.


"Kita juga sudah adakan pertemuan dengan seluruh agen kapal di Kota Batam untuk mempertanyakan hal ini," kata Tessa.


"Dari hasil pertemuan ini, tidak ada agen kapal yang menyampaikan atau berkomentar adanya pungli di Imigrasi Batam, dan semua berjalan dengan normal sebagaimana mestinya sesuai dengan aturan yang ada," sambungnya.


Imigrasi Batam juga menyampaikan kepada seluruh agen kapal maupun untuk yang lainnya, jika memang ada karyawan Imigrasi Batam yang melakukan pungli, silahkan laporkan langsung ke Imigrasi Batam.


"Jika memang ada pungli di wilayah Imigrasi Batam, silahkan adukan langsung kepada pihak kita di Imigrasi Batam agar bisa kita tindak langsung," pungkasnya (egi)




Share on Social Media