Batam, News, Kepri

BPN Batam Targetkan Seluruh Rumah Ibadah Punya Sertifikat Tahun Depan

Egi | Jumat 22 Oct 2021 21:07 WIB | 1166

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Aset Daerah


Kepala BPN Kota Batam Makmur Siboro (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam dengan Kantor kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan sertifikasi terhadap rumah-rumah ibadah Kota Batam.


Kepala BPN Kota Batam Makmur Siboro mengatakan, kami akan melanjutkan program sertifikasi tanah-tanah yang menjadi target dari Pemerintah Pusat.


"Program kita kedepannya yaitu, akan melanjutkan program sebelumnya yaitu keluarkan sertifikasi tanah-tanah di Kota Batam dan itu prioritas kami, dan itu harus selesai," ujar Makmur pada Jum'at (22/10/2021) sore dibilangan Batam Center.


Makmur juga mengatakan, pada saat saya berbincang-bincang dengan Bapak Walikota Batam H Muhammad Rudi dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, saya juga bertanya tentang sertifikasi rumah-rumah ibadah.


"Dari perbincangan tersebut, baru sekitar 10 persen rumah-rumah ibadah di Kota Batam yang bersertifikasi. Mendengar itu, tergerak hati saya untuk mentuntaskannya," ungkapnya.


Kalau seperti itu bagaimana caranya?. Untuk itu BPN Kota Batam bekerjasama dengan Kemenag Kota Batam untuk mendata seluruh rumah-rumah ibadah di Batam yang belum bersertifikat.


"Pendataan seluruh rumah ibadah ini merupakan target awal saya pada tahun ini, dan tahun depan (2022) sudah kita jalankan program sertifikasinya agar semua rumah ibadah menjadi legal," bebernya.


Makmur juga mengatakan, daratan Kota Batam yang tanahnya sudah bersertifikat ada sekitar 90 persen termasuk tanah di Kampung Tua.


"Sekitar 90 persen tanah di Kota Batam sudah memiliki sertifikat, dan sekitar 50 ribu lebih bidang tanah lagi yang masih belum bersertifikasi, ini nanti yang akan kerjakan secepatnya," pungkasnya, (egi)




Share on Social Media