Batam

Operasi Bantuan Kemanusiaan Port Visit to Mesir, KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat-992 Sambangi Batam

Juliadi | Selasa 23 Jan 2024 05:44 WIB | 304

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV



MATAKEPRI.COM BATAM -- Kapal rumah sakit TNI AL KRI dr Radjiman Wedyoningrat-992 yang membawa bantuan kemanusian bagi masyarakat Palestina singgah di Pelabuhan Batuampar, Kota Batam, Minggu (21/1/2024).


Satgas operasi yang bernama Port visit to mesir, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 yang dipimpin oleh Laksamana Pertama (Laksma) TNI Sumarji Bimoaji membawa sebanyak 242,6 ton bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan, selimut, pakaian, obat-obatan dan sebagainya merupakan bantuan yang diterima dari berbagai lembaga, dan organisasi masyarakat yang ada di Indonesia.


“Hal ini sesuai dengan pasal 7 Undang-undang nomor 34 tahun 2024 tentang TNI, dimana salah satu tugas TNI di dalam operasi militer selain perang, yakni membantu menanggulangi korban akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan,” ungkapnya.


Menurutnya, Kapal yang masih berusia 1 tahun lebih ini memiliki kelengkapan medical equipment setara RS tipe C dan RSUD. Kapal ini memiliki ruang UGD, ICU dan HCU, ruang rawat inap, ruang isolasi, ruang radiologi (meliputi CT SCAN, C-Arms, rontgen, panoramic), USG 4D, ruang bersalin dan ruang bayi, klinik/poli, laboratorium, blood bank, dan sejumlah ruang operasi.


Selain itu, Laksma TNI Bimoaji, dalam operasi juga membawa tim protection untuk melaksanakan self defense apabila dibutuhkan. 


"Tim operasi satgas ini juga dilengkapi dengan Pasukan Denjaka, Taifib serta Kopaska, dengan harapan dapat mengirimkan bantuan kemanusiaan ini untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak terhadap konflik tersebut," ujarnya.


“Kami mohon doa untuk lapisan masyarakat, agar selama pelayaran bisa kembali ke Indonesia dengan selamat dan diberikan kesukseskan dan kelancaran. Sekali lagi ini amanah dari bangsa Indonesia terutama Presiden Indonesia (Joko Widodo) untuk mengirim bantuan ke Palestina,” pungkasnya. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media