Batam, Hukum & Kriminal

Jamin Keamanan Para Pengguna Laut, Lanal TBK Gagalkan Pencurian Diatas Kapal

Juliadi | Senin 01 Apr 2024 11:47 WIB | 406

Hukum & Kriminal
AD/AL/AU



Matakepri.com, Batam -- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) jajaran Lantamal IV gagalkan pencurian diatas kapal dan, amankan empat orang komplotan pencurian di atas kapal (Sea Theft), diq Perairan Pantai Pongkar, Kabupaten Karimun, Minggu (31/2/2024).


Para pelaku tersebut ditangkap oleh tim patroli F1QR Lanal Karimun ketika melintas menggunakan kapal pompong tanpa nama menuju arah bagian selatan perairan Pongkar atau menuju kawasan Takong Iyu.


Empat pelaku yang diamankan yakni berinisial FY (28) sebagai nahkoda, AS (35), AH 25 dan SL (37). Keempatnya merupakan masyarakat Karimun.


Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Anro Casanova mengatakan, pada pukul 02.45 WIB pompong mereka dihentikan dan diperiksa. ABK mengakui bahwa mereka baru saja melaksanakan pencurian di atas kapal tug boat. 


Lebih jauh dikatakannya, dalam modusnya para pelaku sengaja menarget kapal-kapal yang melintas dengan kecepatan rendah berkisar 2-5 knot di perairan Karimun. 


Hal ini untuk memudahkan para pelaku menjarah barang apa saja dengan cepat dengan memindahkannya ke atas kapal pompong yang mereka gunakan saat beraksi.



“Sasarannya adalah kapal-kapal dengan kecepatan rendah seperti kapal tug boat. Kami juga masih mendalami modus dengan kelompok lainnya yang terlibat melakukan kejahatan serupa di Selat Malaka dan Singapura maupun perairan Karimun,” tegasnya Letkol Anro.


“Pengakuan mereka sudah melakukan aksi ini sejak 25 Maret 2024, jumlah kapal yang sudah dinaiki ada tiga unit kapal jenis tug boat,” tambahnya.


Dalam kasus ini,  TNI AL LANAL TBK menyita sejumlah barang bukti di antaranya kunci Y 3 buah, kunci pas ring 5 buah, kunci tang 2 buah, palu 2 buah, parang 1 buah, gagang gergaji besi 2 buah, mata gergaji besi 3 buah, Hp 4 buah, tas selempang 3 buah, dan ransel 1 buah. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media