Batam

Sambangi SMK MHS Batam, Iptu Mardalis Ajak Pelajar Teneladani Akhlak Rasul

Juliadi | Kamis 20 Oct 2022 19:03 WIB | 944

Polres/Ta dan Polsek
Hari Raya/Hari Besar
Tempat Ibadah
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Polisi gencar melakukan pendekatan di kalangan pelajar di Kota Batam untuk menekan angka pelanggaran hukum. Pasalnya anak di bawah umur kerap menjadi pelaku ataupun korban tindak kejahatan.


Hal ini disebabkan kurangnya literasi hukum di kalangan remaja yang bisa berpotensi terjadinya pelanggaran hukum, mulai dari penyebaran informasi palsu atau hoaks, hingga pelanggaran hukum lainnya.


Kali ini, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bengkong, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Mardalis menyambangi sekolah menengah kejuruan (SMK) Multistudi High School (MHS) Batam, di Jalan Kuda Laut, Sungai Jodoh, Kecamatan Batuampar, Batam.


Maksud dan tujuannya ialah memberikan materi tentang literasi hukum dan hal-hal apa saja yang harus dihindari agar dapat mencegah dan meminimalisir tindak kejahatan pada remaja khususnya di sekolah.


Selain memberikan materi tentang literasi hukum, Kapolsek Bengkong Mardalis yang juga hadir sebagai pengisi tausiyah dalam rangka memperingati Maulid Nabi 1444 hijriah/2022 masehi.


Adapun peserta Maulid Nabi dihadiri Kepala Sekolah (Kepsek) SMK mhs Batam Joni Firdaus, para guru, staf, imam sekolah SMK mhs Batam dan seluruh peserta didik mhs Batam.


Mengawali tausiyahnya yang mengambil tema yakni meneladani akhlak Rasulullah Muhammad SAW dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila, Kapolsek Mardalis mengajak siswa mhs Batam untuk senantiasa mensyukuri nikmat Allah SWT.


Menyinggung peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang digelar setiap tahunnya, Kapolsek mengingatkan, dengan menggelar kegiatan ini maka umat islam semakin mengenal betul dan mencintai Rasulullah, lalu mengikuti sunahnya dan meneladani akhlak mulianya.


Dalam kesempatan ini, Kapolsek berpesan agar akhlak Rasulullah dapat diaplikasikan dan dijadikan tauladan bagi umat Islam sehingga menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


“Mari kita baca dan pelajari kisah keteladanan agar memperoleh hikmah lalu meneladani akhlak mulianya yang sempurna. Mari kita buktikan bahwa cinta kepada Rasulullah SAW melebihi cinta kepada manusia,” ujar Kapolsek Mardalis dihadapan para siswa mhs Batam, Kamis (20/10/2022).


Menurutnya, profil pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama, yakni beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.


“Kepada siswa-siswi di Kota Batam, khususnya di sekolah mhs Batam, pesan saya berbakti kepada kedua orang tua, guru-guru di sekolah dan jaga hubungan baik dengan teman-teman di sekolah. Mulailah dari sekarang menjadi orang-orang baik, tidak ada bully, jangan kebut-kebutan di jalan raya, tidak ada yang hebat diantara kita dan jangan sampai kita terlena di dalam kehidupan kita,” tegasnya.


Di lokasi yang sama, dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK mhs Batam, Joni Firdaus mengatakan, tujuan kegiatan ini agar para siswa dan siswi khususnya di mhs Batam mampu mengolah tindakan dengan sopan, kata dengan santun sehingga dapat diimplementasikan baik di rumah, sekolah maupun dalam lingkungan sekitar.


“Sebagaimana penerapan karakter untuk meneladani akhlak Rasulullah dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila,” ungkapnya.


Kegiatan dilanjutkan berbagai perlombaan di antaranya, kaligrafi, sholawatan dan tilawah Qur'an dalam rangkaian memeriahkan peringatan Maulid Nabi di SMK mhs Batam. (*/Adi)



Share on Social Media