Anambas

Tim Wasev TMMD Melakukan Kunjungan ke Kepulauan Anambas

Juliadi | Senin 07 Nov 2022 17:28 WIB | 883

AD/AL/AU
TNI/Polri
TMMD



MATAKEPRI.COM, ANAMBAS -- Tim Wasev Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dipimpin Waasintel Kasad Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Budi Hariswanto melakukan kunjungan kerja ke diwilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (7/11/2022).


Tim Wasev TMMD 115 Ta 2022 dengan mengunakan Pesawat Udara PK -TVM ATR 72/600 di Bandara Matak Base.


Rombongan Tim Wasev; Waasintel Kasad, Brigjen TNI Budi Hariswanto; Pabandya Pam Sintelad,  Letkol Czi M. Wijanarko dan Pabanda II Sterad,  Mayor Inf Endro.


Turut hadir dalam penyambutan Tim Wasev Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH; Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla; Kapolres Anambas, AKBP Syafruddin Semidang Sakti, SIK; Pabungdim 0318/Natuna, Mayor Arh T.H. Prabowo; Kacabjari Natuna di Tarempa, Roy H. Harapap; Danramil 02/Tarempa, Kapten Inf Inman Manurung; Kapolsek Siantan, AKP Gunawan dan (LAM ) Kabupaten Kepulauan Anambas.


Bupati Kepulauan Anambas mengatakan, Anambas memiliki 10 Kecamatan luas Anambas lautan 98 % laut dan hanya 2 % saja daratan.


"Dengan adanya TMMD ini kami Pemda dan mewakili masyarkat Anambas mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan TMMD ini,  memang untuk lokasi TMMD ini sengaja diarahkan dilokasi saat ini untuk akses jalan menuju pembanguna STAI Paduka. kedepan kita berharap dapat berlanjut untuk pembangunan jalan sampai dengan pengaspalan untuk mempermudah akses menuju STAI tersebut. Dan kedepan direncanakan untuk jalan tembus ke desa Air Bini," ungkap Bupati.


Lanjut dikatakan Bupati, sekilas pandang Anambas ini memiliki potensi yg luar biasa di darat tanah yg subur, lautan dengan sumber lautnya yang berlimpah dan pariwisata. akan tetapi masi terbatas di akses transportasinya.


"Terimakasih atas perhatian sehingga TMMD ini dapat berjalan dengan lancar sampai dengan penutupan nantinya," ucapnya.


Dandim 0318/Natuna juga menyampaikan, dasar pemilihan lokasi usulan masyarakat tentang pembukaan jalan dari desa Tiangau menuju menuju desa air bini kec. Siantan Selatan dalam Musrenbang


"Jalan dari desa Tiangau dan desa air bini akan dijadikan pusat pendidikan dan didirikan STAI, meningkatkan perekonomian masyarakat memudahkan dan memperpendek jarak tempuh," jelas Dandim.


Lanjut penyampaian Dandim, pelaksanaan Pra TMMD pada tanggal 26 September 2022 dan TMMD dimulai pada 11 Oktober s.d 9 Nopember 2022 dengan sasaran fisik pembukaan jalan baru di Desa Tiangau Kecamatan Siantan Selatan Kabupaten Kepulauan Anambas dengan luas lebar 11 m dan panjang 875 m, pemasangan batu miring 60 m ×2 m, jembatan darurat  5 unit.


Dikatakan Dandim, sasaran tambahan pengecatan masjid Al-Ikhlas, pengecatan Surau Almudmainah, pengecatan Surau Al-Hikmah dan sasaran non fisik penyuluhan keagamaan, penyuluhan kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan narkoba, penyuluhan kemaritiman, penyuluhan stunting, penyuluhan bela negara, penyuluhan pariwisata, penyuluhan pertanian, penyuluhan lingkungan hidup.


"Dari segi kesejahteraan masyarakat manfaat TMMD ini dapat mengembangkan desa Tiangau menjadi daerah wisata dan pusat pendidikan, mempermudah dan memperlancar jalur transportasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkap Dandim.


Menurut Dandim, dari segi Pertahanan negara, kegiatan TMMD dapat menjadi jalan pendekat dari desa Tiangau ke pusat pemerintahan dan dalam kegiatan non fisik diharapkan menciptakan generasi muda yang potensial dan membentuk jiwa bela negaranserta mencegah tangkal radikal.


"Anggaran kita dari dukungan dari Komando Atas sebesar Rp. 475.500.000, dukungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk pekerjaan fisik pokok Pembukaan jalan baru Rp 1.500.000.000," jelasnya.


"Dukungan semen dari PT Semen Indonesia  sebanyak 150 sak belum diterima," tutupnya.


Semenjak itu,  Waasintel Kasad selaku Katim Wasev juga menyampaikan, tujuan Wasev TMMD ini adalah mengukur kinerja satuan tugas TMMD mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran dan sasaran kontrol kegiatan dalam upaya mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat


"Penekanan dari Kasad Pupuk kembali semangat gotong royong dan pelihara terus kemanunggalan TNI - Rakyat, tingkatkan kepedulian untuk memelihara dan merawat dengan sebaik baiknya hasil TMMD, Sasaran fisik dan Non fisik diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas masyarakat menuju kearah yang lebih baik maju sejahtera dan mandiri dan Pelihara hubungan yang baik antara TNI, Polri, Pemda maupun dinas/instansi terkait, Aparat Desa  tokoh masyarakat  dan tokoh agama," tutupnya. (***)



Share on Social Media