Batam

Ciptakan Kamtibmas, Polsek Bengkong dan Koramil 01/BT Patroli Bersama

Juliadi | Selasa 07 Feb 2023 14:11 WIB | 586

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri


Patroli bersama Polsek Bengkong dan Koramil 01/BT, Senin (6/2/2023) malam. Foto: Humas Polsek Bengkong


MATAKEPRI.COM BATAM -- Dalam rangka antisipasi kerawanan terhadap gangguan keamanan dan penjepit (kamtibmas) di wilayah Kecamatan Bengkong, Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kepolisian sektor (Polsek) Bengkong bersama Komando rayon militer (Koramil) 01/Batam Timur ( BT) menggelar patroli bersama pada Senin (6/2/2023) malam.


Kepada awak media, Selasa (7/2/2023) Kapolsek Bengkong, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Muhammad Rizqy Saputra, STK, SIK, M.Si mengatakan, sinergi ini dilakukan untuk menjaga, memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.


“Patroli bersama kami lakukan dengan humanis untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas,” ujay Iptu Rizqy.


Disampaikan Iptu Rizqy, patroli gabungan yang dilaksanakan dengan berjalan kaki menyambangi warga di beberapa titik seperti warung kopi serta lapak remang-remang dan sejumlah titik rawan hingga tempat strategis lainnya di kawasan Golden City Bengkong.


Dikatakan Iptu Rizqy juga, dari hasil patroli wilayah Bengkong aman dan kondusif, meskipun demikian petugas selalu meningkatkan kewaspadaan serta berkordinasi dengan Danramil 01/ Lubukbaja, Kapten Infanteri (Inf) Samjos Sirait.


“Secara umum situasi keamanan di Kecamatan Bengkong sangat kondusif,” ucapnya.


Menurutnya, dalam patroli tersebut bersifat imbauan yang dilakukan dengan manusiawi, meskipun demikian akan tetap dilakukan penindakan apabila ditemukan tindak pidana.


“Yang kami tekankan adalah menjaga keamanan dan mengamankan masyarakat atau harkamtibmas, sehingga tercipta situasi dan kondusif di tengah masyarakat,” jelasnya.


Iptu Rizqy mengimbau kepada semua pihak dan lapisan masyarakat khususnya di Kecamatan Bengkong agar selalu bersama-sama memelihara kamtibmas, menjaga keharmonisan dan rasa kekeluargaan.


“Menjaga keamanan dan kenyamanan bukan hanya tugas polisi dan TNI, melainkan tanggung jawab bersama termasuk seluruh elemen lapisan masyarakat,” tegasnya.


Dalam pelaksanaan yang dipimpin oleh Kanit Binmas Polsek Bengkong, Iptu Partono, pihak Polsek Bengkong menerjunkan anggota Bhabinkamtibmas masing-masing wilayah, di antaranya Bhabinkamtibmas Kelurahan Bengkong Indah Bripka Yarli, Bhabinkamtibmas Kelurahan Bengkong Laut Aipda Ardianto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sadai Aipda Agus Rianto, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjung Buntung Aipda Riyan Ahmadi.


Sementara itu, Danramil 01/BT, Kapten Inf Samjos Sirait menambahkan, dalam gabungan patroli tersebut Koramil 01/BT melibatkan anggota Babinsa terdiri dari Babinsa 11 Kelurahan Tanjung Buntung Koptu Julu Siregar, Babinsa Kelurahan Sadai Sertu Dedi Gusferi, Babinsa Bengkong Indah Serma A. Samosir , dan Babinsa Kelurahan Bengkong Laut Serka Evi Johar.


“Patroli gabungan itu membentuk sinergisitas TNI-Polri dalam mengantisipasi kerawanan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Koramil 01/BT,” katanya, terpisah.


Selain itu, kata Danramil Kapten Inf Samjos, patroli itu untuk menunjukkan bahwa TNI-Polri solid dan akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.


“Kegiatan patroli bersama dengan berjalan kaki ini untuk memastikan dan menciptakan Bengkong tetap aman serta kondusif. Selain itu, patroli bersama dilakukan agar lebih efektif karena dapat berinteraksi dan berdialog langsung dengan masyarakat. Kita dapat mendengar keluhan ataupun saran dan masukan dari masyarakat terkait situasi serta kondisi keamanan yang ada di lingkungannya,” tegasnya. (Adi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media