Batam

Kapolsek Sekupang Beri Pelatihan PBB kepada Sisai SMAN 1 Batam

Juliadi | Jumat 25 Aug 2023 16:18 WIB | 455

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri


Pelatihan PBB siswi SMAN 01 dan MTSN 02 Kota Batam oleh Kapolsek Sekupang Polresta Barelang, Kompol Z. A. Christopher Ta


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Guna melatih kedisiplinan para siswi, Kapolsek Sekupang Polresta Barelang memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswi SMAN  1 Kota Batam dan MTSN 02 Kota Batam, bertempat di Mapolsek Sekupang, Jumat (25/8/2023).


Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Sekupang, Kompol Z. A Christopher Tamba, S.H mengatakan, tujuan pemberian materi PBB tersebut, agar siswi yang sedang persiapan kegiatan Kemah Calon Penegak (Cagak) Pramuka yang dilaksanakan di SMAN 01 Kota Batam.


Kompol Tamba menjelaskan,maksud dan tujuan serta pengertian PBB merupakan suatu wujud kegiatan fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi dan dalam membentuk sikap kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab sejak dini.


“Pelatihan PBB sebagai wujud latihan dasar fisik guna menanamkan sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Di sinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk para generasi muda di dalam membela Negaranya,” tutur Kompol Tamba.


Menurut Kompol Tamba, pada latihan kali ini dengan materi penghormatan, gerakan pindah tempat seperti langkah tegak maju, langkah biasa, 4 langkah ke kiri dan 4 langkah ke kanan.


Disela-sela kegiatan saat diwawancara, Kompol Tamba menuturkan, para siswi terlihat sangat antusias mempelajari gerakan tersebut walaupun mereka sudah mengetahui tetapi ada beberapa gerakan yang harus di perbaiki dan di sempurnakan seperti kekompakan, kesamaan langkah, kerapihan barisan pada saat berpindah tempat dan sebagainya.


Lanjut dikatakan Kompol Tamba, tujuan PBB untuk siswa sekolah adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tangkas, rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin sehingga dengan demikian secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa. 


"Dengan begitu banyak hal positif yang bisa diambil dari pembelajaran PBB," ucap Kompol Tamba. 


"Diharapkan setelah latihan kali ini nantinya bisa menjadi pembelajaran dan menumbuhkan kedisiplinan, kemandirian serta mengajarkan kembali kepada teman - temannya disekolah sehingga dapat memupuk kedisiplinan sejak dini," tegas Kompol Tamba. (Adi) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media