Batam

Waspada Curanmor, Kapolsek Bengkong Ingatkan Warga lewat Baliho Imbauan

Juliadi | Selasa 17 Oct 2023 21:13 WIB | 420

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Berbagai upaya dilakukan pihak Kepolisian untuk menekan maraknya kejadian pencurian sepeda motor (curanmor) maupun helm yang terjadi khususnya di areal parkir publik atau halaman rumah.


Salah satunya seperti yang dilakukan personel Polsek Bengkong, Polresta Barelang lebih mengintensifkan kegiatan patroli dan pemberian imbauan Kamtibmas.


Pihaknya memang secara rutin mengelar patroli seputar titik-titik lokasi yang rawan berpotensi terjadinya aksi, bahkan di saat ini sangat di intesifkan seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan baik yang akan menyebrang melakukan pelabuhan Internasional maupun yang berwisata pantai dan patroli ini kerap dilakukan dengan berjalan kaki sembari menyapa warga yang melintas sekaligus memberikan imbauan.


Dengan bersinergi juga memasang sejumlah spanduk hingga baliho imbauan di beberapa lokasi seperti di pusat keramaian, kafe dan tempat wisata pada Selasa (17/10/2023).


Warga bisa langsung menyampaikan bila menemukan dan melihat aksi kejahatan ke nomor telepon seluler yang tertera di baliho atau ke hotline call center 110.


Spanduk dan baliho yang dipasang di antaranya bertuliskan “Waspada Aksi Curanmor, pastikan kendaraan terkunci saat parkir, pastikan helm tersimpan / terkunci dalam keadaan aman,  parkir ditempat yang mudah dilihat dan diawasi, jangan meninggalkan barang berharga pada kendaraan”.


Menurut Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir, S.H., M.H, selain mengintensifkan patroli tujuan pihaknya melakukan pemasangan spanduk dan baliho imbauan di beberapa lokasi yang strategis rawan kriminalitas agar mudah dibaca oleh masyarakat, sehingga masyarakat lebih waspada serta dapat mencegah terjadinya aksi kriminalitas seperti pencurian sepeda motor maupun juga helm.


“Secara rutin kegiatan patroli memang telah di gelar dengan mengedepankan peran para anggota terutama personel Bhabinkamtibmas. Selain itu, kami juga telah memasang spanduk dan baliho imbauan sebagai upaya Kepolisian dalam menambah kesadaran masyarakat agar lebih waspada dalam memarkirkan kendaraan dan mengamankan barang-barang pribadi sehingga dapat mempersempit ruang gerak pelaku pencurian,” sebut pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Unit (Kanit) Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Seibeduk ini.


Ditambahkan Kapolsek untuk mencegah dan meminimalisir aksi pencurian Kepolisian mengharapkan masyarakat juga berperan aktif untuk ikut waspada terhadap para pelaku kejahatan. Salah satunya dengan menjaga barang-barang berharga miliknya, baik itu sepeda motor maupun helm selalu dalam keadaan terkunci dan aman sebelum ditinggalkan sehingga tidak menimbulkan niat pelaku kejahatan beraksi.


“Kegiatan ini merupakan wujud pelayanan Polsek Bengkong dengan tujuan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran Polri di tengah-tengah beraktivitas,” tutup mantan Kasat Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polres Karimun itu. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media