News, Pariwisata, Ekonomi

30 Startup Siapkan Diri di Babak Final Food Startup Indonesia Bekraf

| Sabtu 20 Jan 2018 22:56 WIB | 1314

Seremonial



MATAKEPRI.COM, Jakarta - Jelang final Food Startup Indonesia (FSI), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberikan mentoring kepada 30 perusahaan rintisan atau Startup.

Mereka merupakan food startup pilihan yang lolos dalam demoday FSI.

“Mentor dari ahli kuliner nusantara dan investor ini, dihadirkan Bekraf untuk memberikan arahan kepada 30 startup kuliner yang akan berkompetisi di final FSI. Para mentor memberikan saran pada pitchdeck yang akan dipresentasikan startup kuliner dihadapan juri,” kata Pelaksana tugas Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Hanifah Makarim.


Mentoring ini sendiri, terbagi menjadi tiga ruangan dengan masing-masing 10 startup kuliner. Disini, peserta diberikan kesempatan masing-masing 20 menit untuk melakukan presentasi dan berdiskusi dengan para mentor.

Selain diberikan saran tentang produk, konsep, manajemen, serta pandangan investor terhadap pitchdeck startup kuliner ini, para mentor juga menjelaskan bahwa investasi bukan hanya dalam bentuk uang, tetapi juga jaringan teknologi, pasar dan distribusi.


Salah satu startup kuliner dari Stereo Dessert, Ilham, mengungkapkan progress yang ia jalankan pada bisnisnya setelah terpilih menjadi salah satu peserta dari demoday Yogyakarta yaitu scaling back. 

“Dulu enam karyawan, sekarang empat karyawan untuk efisiensi dengan memaksimalkan profit,” ucapnya. 


Saran yang diberikan mentor yaitu ia fokus pada satu produk yang ditawarkan kepada investor dengan packagingnya yang sudah baik.

Sementara itu, salah satu mentor Chef Ciputra University, Hendra Utomo, menyarankan booklet maupun brochure dan aplikasi yang perlu dibuat supaya pembeli mengetahui keunggulan produk.(*)