Batam

Daops Batam Adakan Kampanye Gahkarutla Di Dua Kelurahan, Kecamatan Sekupang

Juliadi | Jumat 19 Jul 2019 17:59 WIB | 342

Pencerahan
Kebijakan


Foto : Daops Batam


MATAKEPRI.COM, Batam - Dalam rangka meningkatkan Gahkarhutla Daops Batam mengadakan Kampanye di 2 kelurahan yang hutannya sangat rawan kebakaran,kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal (15/07/2019) sampai dengan tanggal (18/07/2019) di dua kelurahan.kegiatan kampaye yang di ikuti 30 peserta dari  masing masing kelurahan,warga yang di undang adalah masyarakat yang melakukan aktifitas bertani dan masyarakat yang tinggal langsung berdampingan dengan kawasan hutan.


Gelar kampanye tersebut juga di hadiri oleh perangkat kelurahan,antara lain kelurahan Tiban Lama dan kelurahan Tanjung pinggir,di dua Kelurahan ini terdapat kawasan hutan lindung yang cukup luas dengan luas lebih kurang 600 ha untuk kelurahan tiban lama dan 500 ha untuk kelurahan Tanjung pinggir.


Pembukaan Kampanye yang di buka secara resmi oleh pihak kelurahan berjalan dengan lancar sampai ke penghujung acara.dari kata sambutan oleh lurah dan sambutan Kadaops Batam,dengan memperkenalkan dirinya yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Kadaops di Batam.


"Kepada peserta kampanye kita dengarkan pemaparan yang di sampaikan oleh Tim Pemateri yang sangat bermanfaat  dan tentunya banyak ilmu yang di dapat dari Manggala Agni harapan kedepan Manggala Agni dapat membentuk tim bagi masyarakat untuk penanganan maupun pencegahan Karhutla di Kelurahan" katanya. 


Materi yang di sampaikan adalah Pencegahan Kebakaran dan Hutan,dan tentang perundang-undangan di bidang Karhutla.Materi yang di sampaikan oleh Patris Lumumba dan Ismail Hasibuan ini membuat masyarakat semakin sadar bahwa begitu pentingnya fungsi hutan yang berada di Kota Batam.


setelah sesi materi masyarakat di beri kesempatan untuk melakukan diskusi dan berintraksi dengan Manggala Agni dalam penaganan pencegahan Karhutla.


"kami khususnya Masyarakat Kelurahan Tiban Lama sangat aktif untuk penanganan bencana alam,jadi kami mohon di bentuk masyarakat peduli api di kelurahan tiban lama, " ujar firman masyarakat Tiban Lama.


"Tentu ini menjadi PR saya sebagai kadaops yang baru jika ada pembentukan MPA, maka kami akan berkoordinasi dengan Kelurahan untuk membentuk di kelurahan Tiban Lama dan Kelurahan yang Rawan Kebakaran dan akan meningkatkan pelatihan -pelatihan kepada Masyarakat untuk melakukan Pencegahan Kebakaran Hutan Maupun Lahan jika di beri pelatihan kepada MPA harapan dapat mengendalikan api sewaktu masih dalam keadaan kecil, " Jawab Ismail Hasibuan, selaku Kadaops Batam.


Ersan, Lurah Tanjung Pinggir juga memgatakan" dalam musim kemarau beberapa bulan lalu kejadian kebakaran di kelurahan Tanjung Pinggir sangat marak dari beberapa kejadian yang kerap terjadi kebakaran di kawasan hutan lindung bukit dangas, masyarakat kami sangat tanggap dan cepat  melaporkan kepada pihak terkait selain Manggala Agni beliau juga memaparkan kerja sama yang sangat Baik dengan BPBD dan PBK BP Batam".sehingga kebakaran yang terjadi dapat di padamkan dan tidak sempat meluas. (Rilis)