Nasional , News, Kesehatan

Ini Waktu Sarapan Yang Pas, Agar Berat Badan Cepat Turun

Agung | Rabu 07 Aug 2019 08:26 WIB | 65



Ilustrasi sarapan pagi (istimewa)


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Tak asal makan, waktu untuk sarapan perlu diperhatikan demi mencapai penurunan berat badan yang cepat. Ada waktu terbaik yang disarankan peneliti.


Kunci penting dari penurunan berat badan adalah mengonsumsi makanan yang tepat dalam jumlah sesuai di jam yang tepat pula. Karenanya penting untuk sarapan, makan siang, dan makan malam di waktu-waktu yang telah disarankan.




Good to Know (6/8) menjelaskan para peneliti telah mengungkap waktu makan yang tepat kalau Anda ingin fokus turunkan berat badan. Untuk sarapan, waktu terbaik adalah sesaat setelah pukul 7 pagi atau 7.11 secara tepat.


Sedangkan makan siang bagusnya di pukul 12.30 hingga 13.00, namun waktu terbaik pukul 12.38. Untuk makan malam sebaiknya antara pukul 18.00 sampai 18.30 dengan waktu yang disarankan sekitar pukul 18.14.


Waktu makan ini penting dipatuhi terutama untuk makan malam sebab kebiasaan makan di atas pukul 20.00 telah terbukti meningkatkan ukuran lingkar pinggang. Ukurannya bisa bertambah 5 cm jika Anda terus melakukan kebiasaan buruk ini.


Tak perlu khawatir kelaparan disela-sela waktu makan karena peneliti juga menyarankan konsumsi camilan. Jumlah kalori yang disarankan sekitar 750 kkal. Waktu terbaiknya adalah pukul 11.01, 15.14, dan 21.31.




Beberapa menu camilan sehat yang bisa dipilih adalah telur rebus, sup miso, blueberry, granola, kacang-kacangan, atau pisang dan yogurt. Camilan ini tak terlalu tinggi kalorinya namun tinggi serat dan protein.


Peneliti Lee Smith yang melihat waktu makan terbaik mengatakan, "Kita semua jadi lebih paham soal nutrisi dan bagaimana cara makan lebih sehat pada waktu makan tradisional."


Lee juga menyarankan untuk menghindari makanan dan minuman manis seperti kopi manis. Sebaiknya pilih teh saja namun tanpa pemanis dan tanpa ditemani kue atau pastry manis lainnya.


Dalam penelitiannya bersama 1.000 pelaku diet, Lee mengungkap 76% partisipan mengatakan sarapan adalah waktu makan terpenting harian. Sebanyak 84% partisipan yang berat badannya turun mengaku makan di waktu yang tepat sangatlah penting.


72% partisipan juga mengaku tak menambah kalori saat makan siang atau makan malam untuk membatasi asupan kalori secara menyeluruh di hari tersebut. Mereka menyarankan penting untuk makan malam sebelum pukul 19.00.


Uniknya, 6 dari 10 partisipan mengatakan penurunan berat badan akan lebih sulit saat tidak mengikuti aturan waktu makan. Mereka berakhir makan lebih banyak dan sulit menurunkan berat badan.




National Health Service (NHS) di Inggris menyarankan wanita yang mau berat badannya turun tak boleh mengasup kalori lebih dari 1.400 kkal per hari. Saat sarapanmaksimal asupan 400 kkal, makan siang sekitar 400 kkal, makan malam sekitar 300 kkal.


Jika berpegangan teguh pada nilai kalori di atas, Anda masih punya 100 kalori untuk melahap makanan favorit Anda dan sisa kalorinya juga bisa dimanfaatkan untuk minum manis atau ngemil yang tak terlalu 'berat'.


(***)



Berita Terkait

Tidak ada berita terkait