Batam, News

Pemko Batam Siapkan Kuota Untuk Sukseskan Program JKN

Egi | Jumat 16 Dec 2022 16:52 WIB | 453

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
BPJS Kesehatan/Keternagakerjaa


Ceremony tanda tangan RK dengan Pemerintah Kota Batam, Jum'at (16/12/2022) foto; Humas BPJS Kesehatan


MATAKEPRI.COM BATAM -- Demi menyukseskan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Pemko Batam melalui Dinas Kesehatan melaksanakan ceremonial penandatanganan Rencana Kerja (RK). 


Penandatanganan ini antara Pemko Batam dengan BPJS Kesehatan tentang kepesertaan program JKN bagi peserta pekerja, bukan penerima upah dan bukan pekerja yang didaftarkan oleh Pemko Batam. 


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Iwan Adriady mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan Pemko Batam dalam rangka upaya percepatan Universal Health Coverage (UHC) Kota Batam. 


"Percepatan UHC ini di daftarkan sebanyak 35.894 jiwa untuk masyarakat kurang mampu sebagai peserta JKN dan kedepannya juga akan terus ditambah untuk meningkatkan capaian UHC," ujar Iwan di kantornya pada Jum'at (16/12/2022) siang. 


Iwan mengatakan sampai dengan 1 November 2022, jumlah penduduk Kota Batam yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN adalah sebanyak 1.128.779 atau sekitar 93,51% dari jumlah penduduk Kota Batam.


"Itu artinya masih ada sekitar 78.000 penduduk Kota Batam yang belum terdaftar sebagai peserta JKN,” bebernya. 


Beberapa tahun belakangan, Pemko Batam sudah memberikan dukungan dengan mengalokasikan anggaran daerah untuk peserta JKN yang dibiayai oleh pemerintah dan sudah seharusnya dukungan tersebut dimanfaatkan dengan baik.


“Untuk itu bersama kita optimalkan kuota yang telah disediakan oleh Pemko Batam untuk melindungi penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta JKN. Dalam hal ini kami mohon bantuan seluruh pihak untuk melakukan pendataan yang belum terdaftar sebagai peserta JKN untuk kemudian dapat didaftarkan sebagai peserta PBPU BP Pemda,” pungkasnya (Egi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media