Nasional , Hukum & Kriminal

Penyelundup 43 Kg Sabu Berhasil Digagalkan Prajurit Koarmada I

Juliadi | Selasa 27 Dec 2022 10:11 WIB | 845

Hukum & Kriminal
Politisi
Properti
AD/AL/AU
TNI/Polri


Pangkoarma I, Laksda Arsyad Abdullah saat pimpin press Confrence, Senin (26/12/2022)


MATAKEPRI.COM MEDAN -- Sebanyak 43 bungkus atau 43 Kg Narkoba jenis Sabu yang akan diselundupkan dan satu pelaku inisial MN (23) berhasilnya digagalkan prajurit Komando armada (Koarmada) I yang terdiri dari Tim Intelijen dan F1QR Lanal Lhokseumawe di Perairan Lhokseumawe. 


Hal tersebut disampaikan oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarma) I Laksamana Muda(Laksda) TNI Arsyad Abdullah, SE, MAP saat melaksanakan press conference di Mako Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Jalan Serma Hanafiah Nomor 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (26/12/2022). 


Hadir dalam giat press conference tersebut, Danlantamal I Belawan, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Johanes Djanarko Wibowo; Wadan Lantamal I; Pejabat utama (Pju) Danlantamal I; Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Marinir Dian Suryansyah, SE., M. Tr.Hanla., M.M., Kakesbangpol; Asintel Kasdam; Dirpolairud Polda, BNN Sumut, Kapolres Belawan; Kajari Belawan; Kadilmilti; Kakanwil Bea Cukai; Syahbandar; GM Pelindo dan insan Insan Pers. 


Dijelaskan Laksda Arsyad, intelijen mendapatkan informasi bahwa adanya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu melalui perairan Lhokseumawe. 


Mendapatkan informasi tersebut, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, memerintahkan tim intelijen dan F1QR Lanal Lhokseumawe melaksanakan penyelidikan dan pengembangan terkait informasi tersebut dengan membentuk tiga tim (pam darat, pengintai dan penyergap). 


"Sabtu (24/12/2022) pukul 00.10 wib, perahu penyelundup memasuki kuala meuraksa pusong, Lhokseumawe, namun diduga penyelundup mencurigai telah diintai oleh tim lanal Lhokseumawe sehingga penyelundup berusaha menjauh dari pesisir pantai," ungkap Laksda Arsyad. 


"tim patroli Lanal Lhokseumawe melaksanakan pengejaran terhadap perahu yang dicurigai tersebut dan berhasil dihentikan (terjadi insiden tabrakan) serta perahu tersebut berhasil mengamankan," ucapnya.


Lanjut dikatakannya, saat dipemeriksaan dan penggeledahan, di perahu tersebut ditemukan narkoba jenis sabu diatas perahu tersebut dan pelaku diamankan di sea hunter sedangkan perahunya digandeng menuju pelabuhan Krueng Geukeuh. 


"Karena kondisi perahu sudah bocor dan untuk keamanan sea hunter maka perahu dilepas dan berakibat tenggelam," ujar Laksda Arsyad.


Menurut Laksda Arsyad, atas keberhasilan ini, sekali lagi TNI Angkatan Laut menyelamatkan rakyat indonesia dari bahaya narkoba. 


"TNI Angkatan Laut berkomitmen akan senantiasa mendukung penuh pemerintah dalam upaya memerangi narkoba dan memberantas peredaran narkoba (war on drugs),” jelas Laksda Arsyad.


“Kegiatan penangkapan penyelundupan narkoba melalui jalur laut merupakan arahan dan instruksi langsung dari bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. hal ini merupakan bentuk keseriusan TNI Angkatan Laut sebagai penegak hukum di laut yang sangat konsen dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba baik dari / di / melalui laut di negara kesatuan republik indonesia khususnya wilayah kerja Lanal Lhokseumawe yang merupakan jajaran Lantamal I Belawan, pungkas Pangkoarmada I,” tutup Laksda Arsyad. (*)


Redaktur: ZB



Share on Social Media