Batam, Hukum & Kriminal

Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Bengkong Patroli Cipkon

Juliadi | Minggu 13 Aug 2023 10:58 WIB | 393

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
Hukum & Kriminal
TNI/Polri


Patroli Cipkon cegah gangguan Kamtibmas, Sabtu (12/8/2023).


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Antisipasi gangguan Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Kepolisian sektor (Polsek) Bengkong bersama Polsek Batu Ampar dan Polsek Lubuk Baja menggelar Patroli Cipta Kondisi (Cipkon) rutin terutama di daerah yang rawan dan minim penerangan lampu jalan, Sabtu (12/8/2023) malam. 


Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Bengkong, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Muhammad Rizqy Saputra, S.T.K, S.I.K., M.Si mengatakan, kenakalan remaja di Bengkong kerap meresahkan warga terutama pengendara yang melintas di kawasan Bengkong. 


"Maka itu, kami dari Polsek Bengkong mengambil langkah dengan berpatroli rutin terutama di daerah yang rawan dan minim penerangan lampu jalan," ungkap Rizqy, Minggu (13/8/2023). 


Rizqy juga menjelaskan, pihaknya melakukan kegiatan Cipkon dan patroli di tempat-tempat rawan terjadinya kejahatan jalanan seperti jambret dan kejahatan lainnya ini menindaklanjuti keluhan masyarakat.


“Hal ini kita ketahui pada saat melaksanakan program Jumat Curhat. Salah satunya, terkait masih ditemukan di persimpangan jalan yang dilakukan oleh kelompok yang diduga masih remaja ngumpul ataupun nongkrong-nongkrong hingga larut malam sehingga mengganggu warga pengguna jalan. Kita langsung menggelar patroli gabungan cipta kondisi (cipkon), Sabtu malam dan rutin digelar,” ujar Rizqy. 


Lanjut dikatakan Rizqy, kegiatan cipta kondisi di wilayah hukum Polsek Bengkong melibatkan tiga Polsek dengan melibatkan 20 personel yang terdiri dari personil Polsek Batuampar, personil Polsek Lubukbaja dan personil Polsek Bengkong.


Hasilnya, kata Rizqy, polisi Bengkong menemukan sejumlah tindakan yang membahayakan seperti banyaknya pemuda nongkrong hingga larut malam, kendaraan ugal-ugalan dan tidak melengkapi kelengkapan kendaraan bermotor saat mengendara.


“Cipta kondisi sudah menjadi kegiatan rutin kami (Polsek Bengkong, red). Tentunya juga untuk menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif di tengah masyarakat,” jelas Rizqy.


Dikatakan Rizqy, pelaksanaan giat cipta kondisi selalu diawali dengan melaksanakan apel yang bertujuan untuk mengecek kekuatan personel serta menyampaikan arahan cara bertindak dalam pelaksanaan cipkon dengan cara mobiling di rute Jalan Pasir Putih-Kawasan sepanjang Bengkong Indah-Kawasan Golden Prawn.


Adapun sasaran Cipkon yakni balap liar, premanisme, senjata tajam, narkoba, kelengkapan surat kendaraan bermotor serta penyakit masyarakat lainnya.


“Semoga kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan, sehingga memberikan rasa aman kepada masyarakat khususnya di wilayah hukum Polsek Bengkong,” tutup Rizqy. (*/Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media