Batam

Cegah Tindak Kejahatan C3, Polsek Bengkong Patroli KRYD

Juliadi | Senin 16 Oct 2023 17:08 WIB | 302

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri


Personil Polsek Bengkong bersama salah satu Sekuriti, Senin (16/10/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Dalam rangka program Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparan, Berkeadilan) dan antisipasi adanya gangguan Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta kejahatan C3 (Curas, Curat dan Curanmor), Polsek Bengkong sambangi ke pemukiman warga dan pusat perbelanjaan di Pasar Shopping Center Kelurahan Bengkong Laut, Pasar Cahaya Garden Kelurahan Sadai dan wisata Ocarina untuk sosialisasi waspada kejahatan C3.


Dalam kegiatan sambang ini, masyarakat diimbau untuk memperhatikan keamanan diri, keluarga dan lingkungan tempat tinggal agar meminimalisir aksi-aksi kejahatan tersebut. Minimal setiap warga harus jadi polisi bagi diri sendiri dan keluarga.


Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir, S.H, M.H mengatakan, Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah hukum Polsek Bengkong terus menjadi prioritas dengan dilaksanakannya Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD).


Sasaran patroli kali ini, kata Doddy, meliputi permukiman, pertokoan dan objek wisata yang dimungkinkan menjadi tempat sasaran kejahatan C3, baik itu pencurian barang maupun pencurian kendaraan bermotor.


“Patroli dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas yang ada di wilayah hukum Polsek Bengkong, khususnya kasus C3. Sesekali personel berhenti untuk melakukan dialog dengan warga guna menyampaikan imbauan kamtibmas,” kata Doddy dalam keterangan persnya, Senin (16/10/2023).


Pihak kepolisian, lanjut dikatakan Doddy, memang tetap maksimal melakukan pengamanan serta pengawasan terhadap aktifitas masyarakat, namun itu semua ada batasannya. Tidak setiap waktu polisi ada di tengah-tengah masyarakat.


Keterbatasan personel dan banyaknya kegiatan untuk mengayomi masyarakat sehingga sering terjadi kekosongan personel di wilayah atau lokasi-lokasi tertentu. Untuk itu, peran aktif masyarakat untuk jadi polisi bagi diri sendiri dan orang di sekitar sangat diperlukan.


“Sistem keamanan lingkungan juga sangat diperlukan, kita semua harus peran aktif dengan keamanan dan kenyamanan bersama. Harus peka dengan keadaan di sekitar,” jelas Doddy.


Untuk terus menekan angka kejahatan C3 ini, jajaran Polsek Bengkong juga rutin memberikan imbauan kewaspadaan ke lokasi pemukiman warga.


Seperti yang dilakukan sepanjang seminggu kemarin, dimana personel Polsek Bengkong turun ke pemukiman dan pusat perbelanjaan di Pasar Shopping Center Kelurahan Bengkong Laut, Pasar Cahaya Garden Kelurahan Sadai dan wisata Ocarina untuk sosialisasi waspada kejahatan C3.


“Personel patroli memberikan imbauan kepada warga agar berhati-hati menjaga keamanan kendaraan bermotornya mengingat rawan terjadinya curanmor serta mengimbau untuk menghindari perbuatan melanggar hukum,” ujarnya.


Dengan adanya patroli ini, masyarakat Bengkong khususnya mengucapkan terima kasih. Karena apa yang diharapkan masyarakat terhadap Polri akan terciptanya situasi kamtibmas di wilayah tempat tinggalnya dapat dirasakan. (*) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media