Batam

Sinergitas TNI-Polri, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Tanjung Pinggir Padamkan Kebakaran Bukit Harimau

Juliadi | Selasa 17 Oct 2023 16:40 WIB | 379

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
Kebakaran



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjung Pinggir Polsek Sekupang bersama Babinsa Tanjung Pinggir Koramil 02 Batam Barat dan warga bergerak cepat memadamkan api yang membakar lahan di Bukit Harimau Tanjung Pinggir, Kecamatan Sekupang Kota Batam, Selasa (17/10/2023).


Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di lahan seluas sekitar 200 meter. 


Saksi melihat adanya api yang membakar lahan kosong kemudian mencoba memadamkan api dan karena api semakin besar dan tidak mampu memadamkan selanjutnya melaporkan kejadian ke Mangala Agni dan Bhabinkamtibmas Tanjung Tanjung Pinggir Kecamatan Sekupang.


Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Sekupang AKP Muhammad Rizqy Saputra, S.T.K, S.I.K., M.Si mengatakan, berawal dari pihaknya mendapatkan informasi ada kebakaran, sehingga Bhabinkantibmas langsung cepat untuk mendatangi TKP dan membantu warga memadamkan api yang membakar lahan tersebut.


"dua Unit mobil tangki Mangala Agni Sekupang diterjunkan ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman api dan sekira pukul 14.15 Wib api yang membakar semak lahan di Bukit Harimau Tanjung Pinggir dapat dipadamkan," jelas Rizqy. 


Dikatakan Rizqy, Bhabinkamtibmas bersama Babinsa bersama petugas kepolisian membantu Manggala Agni dan masyarakat sekitar, bergotong royong memadamkan api yang membakar lahan kosong tersebut, dan bersyukur setelah berselang beberapa menit api dapat dipadamkan.


“Kami mengimbau masyarakat sekitar untuk tetap waspada dan siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran di sekitar lokasi, mengingat saat ini sedang musim kemarau yang rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan,” tandas Rizqy.


Dalam mencegah terjadinya Karhutla, personil Polsek Sekupang akan terus melakukan himbauan dan sosialiasi agar masyarakat tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media