Batam, News, Politik

Serap Aspirasi Objek Wisata Ocarina, Ria Saptarika Akan Bahas Pengembangan di DPD RI

Egi | Sabtu 21 Oct 2023 14:20 WIB | 821

Politisi
DPR RI /DPD


Anggota DPD RI Ria Saptarika serap aspirasi dari manajemen wisata Ocarina, (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Ria Saptarika melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka serap aspirasi terkait pengawasan pelaksanaan Undang-Undang No. 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan. 


Kali ini, pelaksanaan serap aspirasi dilaksanakan di Mega Wisata Ocarina Pasir Putih, Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jum'at (20/10/2023) siang. 


"Kehadiran kita disini merupakan dalam rangka pengawasan tentang perundang-undangan kepariwisataan. Dapat kita lihat, setelah kita semua dilanda wabah Covid-19, perlahan-lahan pertumbuhan wisata di Kota Batam kembali bangkit," kata Ria Saptarika. 


Disamping itu, kita berharap pariwisata di Mega Wisata Ocarina menjadi salah satu pusat kunjungan masyarakat Kota Batam untuk berliburan. 


"Apa saja yang menjadi kebutuhan Mega Wisata Ocarina, yang perlu didukung oleh pemerintah akan kita bicarakan langsung di DPD RI, sehingga ada sikap seragam di tingkat nasional untuk membantu dunia pariwisata," ungkapnya. 




Dari peninjauan yang kita lihat langsung, management Ocarina tampak optimis, karena saya melihat banyak wahana-wahana dan fasilitas yang dibangun walaupun saat ini kondisi masih dalam keadaan sepi pengunjung. 


"Contohnya, mereka akan membangun mini zoo, cottage dan masih banyak sarana lainnya. Tadi kita juga mengusulkan biaya tiket masuk dirubah menjadi dalam bentuk voucher. Tidak bentuk tiket lagi," bebernya. 


"Kita berharap kedepannya tempat wisata Ocarina juga menjadi contoh wajah pariwisata Batam yang indah, dan maju," sambungnya. 


Seperti yang kita ketahui, disini merupakan pintu masuk wisawatan dari negara Singapura dan Malaysia dan tentunya berdekatan dengan pariwisata ini. 


"Didepan Ocarina ini merupakan jalur angkutan laut yang mengantarkan wisawatan masuk ke Batam. Saat lewat sini, mereka akan melihat langsung. Secara umum akan menjadi kecantikan atau wajah dari Batam itu sendiri, kalau pariwisata Ocarina ini maju," imbuhnya. 




Ditempat yang sama, Yunita sebagai Direktur Pelaksana Ocarina mengatakan, dengan kehadirannya Anggota DPD RI, Ria Saptarika bisa menjadi suatu langkah Ocarina untuk memperbaiki diri yang lebih baik lagi. 


"Masih banyak kekurangan saat ini, ini menjadi PR bagi kami untuk menjadikan sebagai perubahan sehingga pariwisata Ocarina menjadi salah satu kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara," kata Yunita. 


Perlu yang kita ketahui, bahwa di Ocarina ini ada gazebo yang bisa dijadikan untuk tempat beristirahat saat berwisata bersama keluarga maupun sahabat. Setiap gazebo disini tidak ada dilakukan pungut biaya atau gratis. Namun jika adanya event atau dilakukan boking per gazebo dikenakan biaya senilai Rp 250 ribu. 


"Dalam waktu dekat, kita juga akan ada spot baru yang rencananya akan dibangun mini zoo. Mudah mudahan menjadi pertimbangan untuk wisata Batam," harapnya. 


Selain itu kita juga membangun cottage atau kawasan penginapan sebanyak 89 kamar. Mudah-mudahan di tahun 2024 dapat beroperasional, karena sekarang masih dalam tahap finishing. (Egi) 


Redaktur: ZB







Share on Social Media