Batam

Polda Kepri Hadiri RAkor Bersama Kemenko Polhukam

Juliadi | Jumat 24 Nov 2023 09:36 WIB | 253

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Polda Kepri menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) bersaman Kementerian koordinasi (Kemenko) Politik, hukum dan keamanan (Polhukam) evaluasi formatif penanganan konflik sosial di Provinsi Kepri tahun 2023, bertempat di Lily Meeting Room Hotel Aston Batam, Kamis (23/11/2023).


Hadir dalam kegiatan tersebut Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen Pol. Rudolf Alberth Rodja; Asdep V Kamtibmas Kemenko Polhukam, M. Sujono, Waka Polda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H;, Dir Binmas Korbinmas Baharkam Polri diwakili Karoops Polda Kepri; Dir Intelkam Polda Kepri; Dir Samapta Polda Kepri; Dir Binmas Polda Kepri/diwakili Wadir Binmas Polda Kepri; Ka SPN Polda Kepri; Direktur Ketahanan Eksosbud Ditjen Polpum Kemendagri/diwakili Kasubdit Fasilitas Penanganan Konflik Sosial, Deputi Bidkoor Kamtibmas Kemenko Polhukam, Kaban Kesbangpol Provinsi Kepri, Kabagops Binda Provinsi Kepri, Kasiren Korem 033/WP dan Kasi Intel Kejati Provinsi Kepri.


Dalam sambutannya, Deputi V Bidkoor Kamtibmas Kemenko Polhukam Irjen Pol. Rudolf Alberth Rodja, menyoroti pentingnya menjaga keberagaman bangsa demi mencegah konflik sosial yang semakin meruncing. Ia juga menekankan peningkatan drastis jumlah konflik yang terjadi dari tahun ke tahun.


“Upaya penanganan konflik sosial yang terpadu menjadi komitmen pemerintah, dengan fokus pada langkah antisipatif terhadap potensi konflik di semua tingkatan, mulai dari pusat hingga daerah. Pendekatan pencegahan konflik dianggap lebih efektif ketimbang menghadapi atau memulihkan pasca konflik,” ucap Rudolf.


Sementara itu, Waka Polda Kepri Brigjen Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H menegaskan pentingnya kolaborasi yang erat antara pemerintah daerah, TNI-POLRI, serta lembaga terkait lainnya. Terlebih, pada tahun politik dengan rangkaian Pemilu, baik Legislatif maupun Presiden. Sinergi antar instansi menjadi krusial dalam mengelola dan merespons berbagai konflik yang mungkin muncul.


“Kesungguhan dalam pencegahan, serta respons yang cepat terhadap potensi konflik menjadi kunci. Dengan kerjasama yang solid, kami Polda Kepri berkomitmen untuk menjaga keamanan di Kepri serta memastikan setiap konflik, sekecil apapun, dapat ditangani dengan bijaksana dan tuntas. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari semua pihak selama ini. Kami yakin, bersama, kita dapat menjaga stabilitas serta keamanan di Provinsi Kepulauan Riau,” tutup Asep. (Ril)


Redaktur: ZB



Share on Social Media