Tanjungpinang

Jelang Imlek, Ansar Resmikan Bazar Imlek di Tanjungpinang

Juliadi | Senin 22 Jan 2024 12:23 WIB | 588

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Gubernur Kepri/Wakil Gubernur
Hari Raya/Hari Besar


Gubenur Kepri, Ansar Ahmad meresmikan bazar Imlek, Minggu (21/1/2024) malam


MATAKEPRI.COM TANJUNGPINANG -- Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2575/2024 M, suasana meriah dan semarak sudah terasa di Kota Tua Tanjungpinang. Tampak masyarakat tumpah ruah di Bazar Imlek, yang menjadi salah satu agenda tahunan di kota ini.


Tahun ini kembali digelar di Jalan Merdeka dan Jalan Teuku Umar, dengan menawarkan berbagai macam produk, kuliner, dan hiburan bagi pengunjung, yang berlangsung sejak 12 Januari 2024 hingga 8 Februari 2024, diresmikan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad, S.E., M.M, Minggu, (21/1/2024) malam. 


Dari 3 pintu masuk, yakni kedua ujung Jalan Merdeka dan Jalan Teuku Umar, pengunjung akan disambut dengan ratusan tenda stand bernuansa merah serta ratusan lampion merah yang identik dengan perayaan imlek.


Sejalan dengan Program Strategis yang digesa Gubernur Kepri, yaitu Revitalisasi Kota Tua Tanjungpinang yang meliputi kedua jalan tersebut, menambah semangat pegiat UMKM yang pesertanya tahun ini ini diikuti oleh 300 stand, dibanding tahun lalu sekitar 200 stand. 


Dalam sambutannya, Ansar mengatakan, bahwa Bazar Imlek merupakan salah satu sarana untuk membangun kebersamaan dan moderasi di tengah keberagaman etnis, adat, dan suku bangsa yang ada di Kepri.


"Yang jualan di sini tidak hanya warga Tionghoa, namun juga dari berbagai etnis dan suku bangsa. Patut merasa bangga, Kepri ini adalah miniaturnya Indonesia. Walau daratannya hanya 4 persen, tapi seluruh etnis, adat, dan suku bangsa ada di Kepri. Dan sampai saat ini tidak ada konflik horizontal," ujar Ansar.


Ansar juga mengatakan ke depan semua bagian Kota Tua akan memiliki wajah yang sama, sehingga menjadi 'heritage town' yang menarik bagi wisatawan.


"Kita akan terus membangun Kepri. Kita ingin semua bagian Kota Tua ini wajahnya akan seperti Jalan Merdeka dan Jalan Teuku Umar. Akan dilanjutkan ke jalan lainnya, sehingga akan menjadi 'heritage town' nya Tanjungpinang," kata  Ansar. (*)


Redaktur : ZB



Share on Social Media