Batam

KRI Bubara-868 Satrol Lantamal IV, Padamkan Api KM Alexindo 8 yang Terbakar di Perairan Teluk Jodoh

Juliadi | Rabu 21 Feb 2024 19:19 WIB | 282

AD/AL/AU
TNI/Polri
Kebakaran
Lantamal IV


Bubara-868 bantu padamkan api dari KM Alexindo 8, Rabu (21/2024)


Matakepri.com, Batam -- Sedang melaksanakan patroli rutin, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bubara-868 Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IV bantu padamkan api dari KM Alexindo 8 yang terbakar di sekitar Perairan Teluk Jodoh, Batam,  Rabu (21/2/2024).


Komandan KRI Bubara-869 Mayor Laut (P) Abdul Gofur, S.H., M.A.S.S., M.Tr.Opsla menyampaikan, semula mereka yang sedang melaksanakan patroli rutin di sekitaran pulau Batam, mendeteksi secara visual kepulan asap hitam dari kapal yang berlabuh jangkar.


"Dengan balingan tinggi 1700 rpm, kecepatan tinggi 21 knots, KRI BBR-868 bergerak cepat dan untuk mengontrol situasi dan  melaksanakan peran kebakaran untuk memberikan penanggulangan kebakaran langsung," ucap Mayor Gofur.


Setiba di TKP, Lanjut Mayor Gofur, Prajurit KRI BBR-868 langsung memberikan pertolongan dengan menyemprotkan hidrant air laut dari Haluan, wingbridge kanan/kiri.


"Arus dan angin cukup kencang sehingga menyulitkan KRI BBR-868 untuk mempertahankan posisi Kapal yang hampir menempel di lambung kanan KM Alexindo 8," tambah Mayor Gofur.


Menurutnya, seluruh ABK KM Alexindo 8 sebelumnya sudah diamankan oleh KP 508 dan kapal kargo kayu yang lebih dulu mengevakuasi kapal itu. Kemudian Secara pararel, KRI Bubara-868 menginformasikan ke Batam VTS atas insiden tersebut.


"Ditengah upaya pemadaman, kapal-kapal mulai berdatangan memberikan bantuan pemadaman dengan hidran air laut untuk secara bersama-sama, unsur-unsur tersebut berjibaku memadamkan kobaran api," ungkap Komandan KRI Bubara.


Sampai dengan pukul 16.00 wib, secara visual api digeladak anjungan dapat dipadamkan akan tetapi asap hitam masih terus mengepul. Seluruh unsur masih terus memberikan bantuan pemadaman hingga memastikan sumber api di KM Alexindo 8 sudah padam . (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media