News

Kloter Pertama Penerbangan Bantuan Kemanusiaan Oleh RI Untuk Rohingya

| Rabu 13 Sep 2017 09:04 WIB | 1132




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Kloter pertama penerbangan bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk pengungsi Rohingya akan segera berangkat. Presiden Jokowi akan melepas langsung keberangkatan bantuan tersebut.

Jokowi diagendakan melepas keberangkatan bantuan itu di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada pukul 09.00 WIB, Rabu (13/9/2017). Bantuan-bantuan itu diterbangkan dengan 4 pesawat Hercules menuju Aceh, kemudian esok hari (14/9) diterbangkan ke Chittagong, Bangladesh.

Menurut situs Komisi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), ada sekitar 270.000 pengungsi Rohingya di Bangladesh. Sebagian besar berada di Cox's Bazar. Nantinya, bantuan dari Indonesia pun akan didistribusikan ke Cox's Bazar yang berjarak 170 kilometer dari Chittagong.

Ada pun bantuan yang akan dikirimkan yakni hal-hal yang paling dibutuhkan pengungsi untuk saat ini. Bantuan yang dikirimkan hari ini di antaranya adalah tenda, tangki fleksibel, perlengkapan keluarga, sembako, gula, dan beras.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi menyatakan pemerintah terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk organisasi yang ada di lapangan.

"Hal yang paling utama yang mereka butuhkan saat ini adalah antara lain beras, selimut, pakaian, alat kebersihan, misalnya sabun-sampo, kemudian baju anak-anak, dan lain-lain," sebut Retno di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, kemarin (12/9).

Retno pun telah bertemu dengan Dubes Myanmar untuk Indonesia Ei Ei Khin Aye untuk membicarakan bantuan ini meski ditujukan ke Bangladesh. Dalam pertemuan itu, Retno meminta Myanmar untuk menunjukkan kepada dunia bahwa ada kemajuan bantuan kemanusiaan.***



Share on Social Media