Batam

Antisipasi Berita Hoaks, PWI Kepri dan Polda Kepri Ajak Masyarakat Bijak Gunakan Medsos

Juliadi | Kamis 14 Dec 2023 13:23 WIB | 405

Polda Kepri
Organisasi Jurnalis


Ketua PWI Kepri; Richarda Nainggolan; Paur Subdit Multimedia Polda Kepri dan Personil Polda Kepri, Kamis (14/12/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau (Kepri) melalui bidang Multimedia Bidang Hubungan masyarakat (Bidhumas) akan melakukan antisipasi terkait penyebaran hoaks jelang pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024.


Polda Kepri juga terus melakukan upaya utama, yakni mengajak masyarakat bijak menggunakan media sosial (medsos).


Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si melalui  Pejabat Sementara (Ps) Perwira Urusan (Paur) II Sub Bidang (Subbid) Multimedia Bidhumas Polda Kepri, Ipda Ronald Hasudungan Simanjuntak mengatakan, perlunya kewaspadaan dini mengingat Indonesia khususnya Provinsi Kepri tengah berada di tahun Politik. Sehingga diprediksi akan banyak bermunculan berita hoaks di medsos.


“Terus melakukan utamanya adalah tindakan preemtif dan persuasif dengan menyampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat agar bijak menggunakan medsos,” sebut Ronald di Melawa Premium Cafe and Resto Teh Tarik Belakang Padang, kawasan Golden City, Bengkong, Batam, Kamis (14/12/2023).


Menjadi narasumber utama pada agenda peningkatan kapasitas dan kompetensi Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepri ini, Ronald juga meminta masyarakat menyaring terlebih dahulu apabila menerima sebuah informasi, khususnya dari media sosial.


Dalam upaya meningkatkan pemahaman lebih, lanjut Ronald, pihaknya akan mengedepankan upaya melalui edukasi. Polri akan mengingatkan masyarakat khususnya pengguna media sosial untuk bijak menggunakan media sosial guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Ia berharap masyarakat tidak termakan pemberitaan ujaran kebohongan serta tidak terkena pelanggaran.


“Hal inilah yang menjadi tantangan kami dalam meredam berita hoaks, dan peran insan jurnalis juga medianya tentunya sangat penting dalam menjaga kondusivitas maupun keseimbangan informasi melalui pemberitaan yang akurat serta terkonfirmasi kebenarannya,” ungkapnya didampingi Anggota Subbid Multimedia Bidhumas Polda Kepri, Briptu Sandika.


Nantinya, kata dia, edukasi ini akan dilakukan melalui platform dunia maya dan secara langsung kepada masyarakat. Edukasi lewat media sosial akan dilakukan melalui akun resmi kepolisian baik di tingkat markas besar (Mabes) Polri hingga Polda.


“Tentu kita mengedepankan edukasi untuk melakukan pencegahan dan upaya-upaya sosialisasi kepada masyarakat. Bagi anggota di lapangan kita bisa menggunakan babinkamtibmas dan binmas,” imbuhnya.


Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim menyampaikan, dengan banyaknya program peningkatan kapasitas dan kompetensi bisa menghasilkan wartawan yang berkompeten.


“Perusahaan pers/media harus sehat secara bisnis agar bisa berkelanjutan. Oleh karenanya, ia harus dikelola secara modern dan profesional. Keuangannya harus prudent, akuntable dan dapat di pertanggungjawaban kepada pemegang saham. Karena dia berbadan hukum, maka melekat didalamnya persyaratan sebagai sebuah perseroan dan diatur beberapa Undang-Undang,” ujarnya.


Dalam acara yang diselenggarakan ini, tampak kehadiran penuh dari Pengurus dan Anggota PWI Kepri, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Kepri Richard Nainggolan, Anggota Subbid Multimedia Bidhumas Polda Kepri Briptu Sandika., Sekretaris PWI Kepri Novianto, Bendahara PWI Kepri Andi Gino, Panitia Pengarah (SC) PWI Kepri dan Ketua Panitia Pelaksana (OC) Konferprov PWI Kepri Dedy Suwadha.


Acara yang dipimpin moderator Ketua DKP PWI Kepri, Richard Nainggolan mengusung tema "PWI Mengawal Demokrasi, Menangkal Hoax Membangun Kepri" ini merupakan pelaksanaan hari kedua dengan pembagian dua sesi, yakni siang kemarin, Rabu (13/12) pukul 13.00 WIB dan pagi 08.00 WIB hingga selesai. (*)


Redaktutr : ZB



Share on Social Media