Nasional , News, Pendidikan

Ini Penjelasan Ust Abdul Somad Kepada Para Artis Terkait Poligami

Agung | Jumat 06 Sep 2019 07:44 WIB | 163

Selebritis


Ust Abdul Somad,


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Ustaz Abdul Somad menjawab beberapa pertanyaan dari para artis. Selain Roger Danuarta, Ammar Zoni, dan Giovanni Tobing, artis Marcella Simon juga mengajukan pertanyaan.


Pertanyaan yang ditanyakan oleh Marcella adalah seputar poligami. Sebagai perempuan, sahabat Cut Meyriska itu penasaran bagaimana menurut Al Quran menyoal poligami.



"Ini masalah poligami kalau yang saya tahu dan yakini dari dulu manusia diciptakan berpasang-pasangan, kalau masalah poligami. Kalau memang diperbolehkan asal bisa adil, katanya gitu ya? Kalau menurut Al Quran sendiri tolak ukurnya seperti apa?" tanya Marcella dilihat dalam channel YouTube Abdul Somad Official, Kamis (5/9).


Marcella yakin Rasulullah poligami tentu bisa bersikap adil. Tapi bagaimana dengan seseorang yang merupakan manusia biasa.


"Pertama bahwa hadist tentang perempuan diciptakan dari tulang rusuk bermakna kiasan. Tulang rusuk melindungi jantung atau jantung melindungi tulang rusuk? Tulang rusuk yang melindungi jantung. Perempuan itu tulang rusuk, laki-laki itu jantung," jelas Abdul Somad.


"Perempuan menjadi pakaian bagi laki-laki menutupi segala cacat, aib, dan kekurangannya. Makanya tulang rusuk menjadi pelindung bagi laki-laki," sambungnya.



Ustaz Abdul Somad juga mengingat soal pernikahan Nabi Muhammad SAW. Sang ustaz menceritakan Rasulullah bertahan lebih lama dengan satu istri.


"Kedua, Nabi Muhammad menikah dengan Khadijah monogami 25 tahun, istri tunggal. Baru poligami sekitar 10 atau 12 tahun, mana yang lebih lama dalam kehidupan Nabi, monogami atau poligami?" tanya sang ustaz.


Membacakan sepengal Surat An-Nisa ayat 3, ustaz Abdul Somad menjelaskan ayat tersebut menyuruh untuk mengurangi bukan menambah.


"Ayat itu nyuruh menambah atau mengurangi? Mengurangi. Karena dulu orang Mekah istrinya unlimited edition. Maka turun ayat ini nyuruh mengurangi. Ayat ini menyuruh mengurangi bukan menambah," bebernya.


"Empat, dalam islam poligami adalah solusi 'emergency door' kalau tidak dibuka pintu sebelah kiri ini, pesawat ini akan meladak. Ada di sebagian orang, sebagian tempat banyak orang lebih mau, 'Mas kamu selingkuh-selingkuhlah yang penting seksnya sehat.' Tak bisa begitu dalam Islam ada aturan agama yang menjaga keselamatan," tegas Abdul Somad.


Menjaga keselamatan yang dimaksud Abdul Somad yakni, menjaga akal, menjaga diri, menjaga agama, menjaga harta, dan menjaga kehormatan.


"Kalau dengan poligami bisa menjaga kelima itu lanjutkan, tapi kalau menghancurkan, jangan!" tegas ustaz Abdul Somad.


(***)

Sumber detik.com