Lingga

Petani Desa Bukit Langkap Panen Perdana Padi Tahun 2020

| Senin 03 Aug 2020 23:01 WIB | 1441




MATAKEPRI.COM, Lingga - Berbagai upaya untuk meningkatkan produksi akan terus dilakukan, termasuk dalam pengembangan sawah bukaan baru di negeri Bunda Tanah Melayu sehingga perlunya inovasi agar produksi tetap terjaga.adapaun total benih yang ditebar sebanyak (12) hektar, namun untuk waktu pemanenannya akan dilakukan secara bertahap.


Salah satu petani di Bukit Langkap, Marwanto mengatkan  bahwasanya dari tahun sebelumnya hasil panen untuk tahun ini mengalami peningkatan, akan ada (12)hektar sawah yang akan dipanen  terdiri dari (5 ) varietas unggul, yaitu Inpago (9), Inpago (12), Inpara (6), Inpara (8), serta Bio Patenggang dimana untuk masa panennya dimulai awal bulan Agustus hingga awal september


” Untuk panen hari ini cuman (1)hektar, dan ahamdulillah ada peningkatan hasil dari tahun sebelumnya, untuk hari ini saja hasil panen ubinan untuk produktifitas varietas inpago (9) mencapai (4.9) ton/ha, sementara untuk  Varietas inpago (12) berkisar (3.68) ton/ha “,tutur Marwanto.


Kepala Desa Bukit Langkap, Sudarmin “mengatakan sangat senang dengan hasil panen di tahun ini, ia berharap untuk persawahan desa Bukit Langkap terus mengalami peningkatan dari hasil panen. apalagi pemerintah Kabupaten, provinsi maupun pusat terus menggesa agar petani di seluruh Indonesia bisa menjadi petani yang  mandiri”.


Tambahnya Alhamdulillah ada peningkatan tahun ini, kalau tahun lalu petani masih memikirkan masalah hama dan penyakit untuk kedepannya petani lebih memikirkan peningkatan produktivitas hasil panen ujar Sudarmin.


berharap hasil panen kali ini bisa berkontribusi terhadap pemenuhan cadangan pangan masyarakat Lingga, untuk pemasaran Pemerintah Desa sudah   berkoordinasi pada pengurus Bumdes sehingga ada peningkatan ekonomi untuk masyarakat.imbuhnya mengakhiri(Hms Pemkab Lingga/NAZILI)




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait