Nasional

Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pos Mahein Gelar Lomba Anak-anak

Juliadi | Kamis 12 Aug 2021 17:24 WIB | 1010

Bupati/Wakil Bupati
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, NTT – Ditengah pandemi Covid-19, proses belajar mengajar anak-anak di sekolah tidak efektif. Untuk menjaga dan membangkitkan gairah belajar mereka, personel Pos Mahein meluangkan waktu setiap sore untuk mengajar anak-anak sekolah di sekitar pos di lopo-lopo pos di Dusun Fatubesi Desa Baudaok Kecamatan Lasiolat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT). 



Selain itu, untuk tetap menjaga motivasi dan semangat belajar anak-anak binaannya, personel Pos Mahein menggelar dua macam lomba anak-anak yaitu lomba memecagkan balon air dan lomba lari karung, Kamis (12/8/2021).


Komandan Pos (Danpos) Mahein Kipur II Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia - Republik Demokratik Timor Leste (RI – RDTL) Sektor Timur Letnan dua (Letda) Cpl I Nengah Karmajaya menyampaikan, lomba anak-anak ini dilakukan selain dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 76 tahun 2021, juga untuk memberikan hiburan kepada adik-adik disela-sela belajar sehingga semangat untuk belajar tidak pudar.


"Kita ketahui bersama, kata Nengah sapaannya, pada pandemi Covid-19 anak-anak banyak belajar di rumah dan untuk memastikan itu, ia berinisiatif untuk mengajar di lopo-lopo. “Ini tetap berjalan dan anak-anak juga sudah terbiasa bercanda dengan kami di pos,” ungkapnya.


Dalam pelaksanaan lomba, anak-anak terlihat begitu antusias dan senang mengikuti jalannya lomba sambil saling memberikan support kepada teman unggulan masing-masing. 


“Jadi hadiahnya tidak seberapa, yang penting mereka tetap bisa tersenyum dan semangat dalam belajar,” ujar pria kelahiran Bali tersebut.


Senada dengan Danpos Mahein, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 742/Satya Wira Yudha (SWY) Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Sektor Timur memberikan apresiasi kepada Pos Mahein yang telah begitu dekat dengan masyarakat disekitarnya termasuk kepada anak-anak.


Menurutnya, apa yang dilakukan Pos Mahein dapat dijadikan contoh yang bagus bagi pos-pos yang lain terutama dalam pembinaan anak-anak meskipun beberapa pos sudah melakukan hal yang sama yakni mengajar anak-anak di lopo-lopo pos masing-masing.


Bayu Sigit juga berpesan agar dalam setiap kegiatan tetap menjaga keamanan dan keselamatan terutama penerapan protokol kesehatan Covid-19 sehingga tidak ada personel maupun masyarakat dan anak-anak terpapar virus corona.  


Ia juga mengajak dan mengimbau masyarakat Kabupaten belu untuk memasang bendera merah putih dan umbul-umbul baik di rumah, di kantor atau di lingkungan masing-masing untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun 2021 pada tanggal 17 Agustus mendatang. (Ril) 



Share on Social Media