Batam

Spotdirga Bekerjasama dengan Lanud Hang Nadim Adakan Sertifikasi Pilot Drone

Juliadi | Sabtu 05 Feb 2022 12:37 WIB | 1704

Pendidikan
TNI/Polri
Lanud



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Hang Nadim Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, S.A.P, mengikuti pembukaan Basic Remote Pilot Course Fasi Class XLVIII 2022, bertempat di Tering Bay Nongsa, Sabtu (5/2/2022). 


Sertifikasi dilaksanakan oleh Staf Potensi Dirgantara Angkatan Udara (Spotdirgaau) bekerjasama dengan Lanud Hang Nadim dan dibuka langsung oleh Paban II Puanpotdirga Spotdirga Mabesau  Kolonel Pnb R. Agung Sasongkojati, M.A.Sc., M.S.S dan dibuka secara resmi pada pukul 08.25. 



Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari, dan diikuti 61 peserta dari beberapa instansi dan beberapa club serta peserta drone seluruh kota Batam.

     

Dalam sambutannya, Iwan mengatakan, wilayah udara Batam merupakan kawasan jalur padat penerbangan. 


"Jalur penerbangan diruang udara Batam merupakan jalur penerbangan yang sangat padat. Disini ada Bandara Internasional Hang Nadim yang selalu datang dan pergi pesawat komersial, keselamatan operasi penerbangan menjadi prioritas utama," ungkap Iwan. 


"Untuk itu, lanjut dikatakan Iwan, Lanud Hang Nadim berupaya mewadahi serta membina dan mengkoordinir pengguna drone agar tidak membahayakan dunia penerbangan dalam setiap aktifitas penggunaan Drone. 


Sementara itu, Paban II Puanpotdirga Spotdirga Mabesau  Kolonel Pnb R. Agung Sasongkojati, M.A.Sc., M.S.S, juga mengatakan, penggunaan Drone yang tidak sesuai dengan aturan dapat menjadi ancaman keamanan dan keutuhan wilayah nasional.


"Penggunaan drone tanpa izin dan tidak memiliki license pilot drone merupakan suatu tindakan kriminal," tegas Agung, didepan peserta sertifikasi saat pemberian materi pelajaran. (*) 



Share on Social Media