Lingga

Baznas Lingga Sosialisasi UPZ di 2 Kecamatan

| Senin 13 Feb 2017 18:05 WIB | 2661




MATAKEPRI.COM, Lingga -Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melakukan sosialisasi Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) kepada 26 pengurus Mesjid  di dua kecamatan yakni Kecamatan Lingga Timur dan Lingga Utara, Senin (13/2) di Mesjid Babus Salam Sei Pinang.

Ketua Baznaz  Kabupaten  Lingga,  H. Isnin mengatakan sosialisasi ini digelar berdasarkan undang-undang  No 23 tahun 2011 tentang zakat dan Perda Kab Lingga No 21 tahun 2011,   mengenai  perda infak zakat maupu  Perbup.

"Sosialisasi  ini diikuti oleh 26 pengurus mesjid di Lingga Timur dan Lingga Utara,  bertujuan untuk menata pengumpulan zakat , mempermudah koordinasi Baznas di tiap mesjid, dan juga mendata penerima zakat" kata Isnin

Pada tahun 2016, Isnin menyebutkan  Baznas Lingga dapat mengumpulkan zakat dari sejumlah mesjid, kantor-kantor  maupun BUMD  mencapai  Rp 775.025.807. Dan sudah di distribusikan  berupa paket pa sembako  senilai Rp  150.000 per fakirmiskin.
Tidak hanya itu saja, Isni menambahkan Zakat tersebut juga untuk membantu usaha rumah tangga yang tergolong fakir miskin, mualaf, fisabilillah, hak amilin dan produktif, dengan total penerima paket zakat tersebut sejumlah 1500 lebih mustahiq.

"Total dana yang sudah  terdistribusi Rp 666.000.000. Untukm Jumlah yang besar , Penyalurannya bekerjasama dengan Pemda, "imbuhnya.

Menurut  Isnin,  kendala  retribusi  zakat di Lingga tidak ada, hanya saja , data penerima zakat masih macet.
"Makanya pada soaialisasi ini juga kami minta data penerima zakat. Karena  ada data  tidak dikirim pengurus mesjid ke Baznas. Hari ini kita minta data supaya tidak macet lagi" ujarnya. (jeyadi)



Share on Social Media