Kesehatan

6 Manfaat kulit Pisang, salah satunya meningkatkan suasana hati

| Jumat 28 Apr 2017 13:09 WIB | 2541

Kesehatan



MATAKEPRI.COM- Minuman dari buah dan sayuran yang kental atau smoothie seringkali menjadi menu favorit mereka yang sedang diet. Selain dapat mengenyangkan perut, smoothie juga menyehatkan.

Smoothie pisang menjadi salah satu menu andalan penggemar smoothie karena bahannya yang mudah didapat dan rasanya enak. Namun, Anda perlu mencoba menambahkan kulit pisang dalam campuran smoothie Anda.

Kulit pisang memiliki gizi lebih banyak dibanding pulpa atau isi pisang. Tak ada salahnya menambahkan kulit pisang, tanpa batangnya ke dalam campuran smoothie pisang. 

Berikut adalah beberapa manfaat kulit pisang untuk kesehatan Anda seperti dimuat dilaman Metronews .

1. Melindungi mata
Kulit pisang dikemas dengan vitamin A dan lutein yang berkontribusi terhadap kesehatan mata dan dianggap melindungi dari katarak dan degenerasi makula.

2. Meningkatkan suasana hati
Kulit pisang mengandung seratonin dan triptofan yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

3. Membantu kesehatan jantung
Potasium dalam kulit pisang sangat tinggi dan bekerja sama dengan natrium untuk menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit di tubuh Anda, mengatur detak jantung dan melindungi dari penyakit jantung.

4. Antioksidan tinggi
Kulit pisang memiliki konsentrasi phytochemicals yang tinggi seperti polifenol dan karotenoid, antioksidan yang dapat membantu melawan kanker.

5. Membantu menurunkan berat badan
Kulit pisang sangat tinggi dalam serat larut dan tidak larut yang dapat memperlambat pencernaan, meningkatkan perasaan kenyang, sehingga dapat membantu Anda mengurangi keinginan makan. Serat juga membantu menurunkan kolesterol.






Share on Social Media