Batam

Melalui Education Tour, bright PLN Batam ajak Warga Batam Kenali Proses Poduksi Listrik

| Selasa 16 May 2017 06:16 WIB | 2835

Bright PLN



MATAKEPRI.COM, Batam - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional sekaligus mengenalkan proses bisnis kepada pelanggan, bright PLN Batam melaksanakan kegiatan One Day Tour Education and Tourism pada Senin (15/4/2017). 

Kegiatan yang diikuti oleh 41 Ibu-ibu dari PKK Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Nongsa ini, memberikan kesempatan mereka untuk dapat melihat secara langsung proses bisnis bright PLN Batam dari hulu sampai hilir.


Manager of Public Relation bright PLN Batam, Bukti Panggabean mengatakan kegiatan ini merupakan program CSR Peduli Pendidikan bright PLN Batam. 

“Education Tour ini adalah sarana untuk sosialisasi dan memberi informasi kepada pelanggan, tentang bagaimana proses produksi listrik dimulai dari pembangkit, transmisi, distribusi hingga sampai ke pelanggan," kata Bukti.

“Dalam tour ini, memang memberikan kesempatan kepada Ibu-ibu terlebih dahulu, karena biasanya Ibu-ibu lebih komunikatif dalam keluarga, sehingga dapat menyampaikan apa yang didapatkan kepada keluarga dan masyarakat sekitar lingkungannya,” tambahnya lagi. 

Bukti juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan wawasan para peserta sehingga dapat mengajarkan kepada keluarga dan lingkungan untuk melakukan penghematan penggunaan tenaga listrik.

Rangkaian kegiatan One Day Tour Education and Tourism dimulai dari Kantor Korporat bright PLN Batam dimana para peserta mendapat pengarahan dari Ketua Panita Edu Tour, Suprianto. 



Setelah mendapat pengarahan, peserta kemudian diajak ke Generation and Transmission Business Unit bright PLN Batam (GTrans BU). 

Disana mereka mendapat penjelasan langsung dari General Manager Gtrans BU bright PLN Batam, Hamdi Hamid tentang pembangkitan listrik, sistem proteksi dan operasional listrik di Batam. 

Setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi Kantor Service Business Unit (SBU) untuk mengetahui proses pelayanan, pengaduan pelanggan dan sistem Quick Respond Sistem bright PLN Batam. Kegiatan Edu Tour selesai setelah peserta mengunjungi PLTU Tanjung Kasam.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan edutour ini. Hal ini terlihat dari banyaknya di antara Ibu-ibu yang mengajukan pertanyaan kepada Ketua Panitia maupun kepada karyawan/ti yang sedang bertugas dilapangan.

Venny Ieswandhary, salah satu Ibu PKK dari Kecamatan Nongsa mengucapkan terimakasih kepada bright PLN Batam atas kesempatan yang diberikan. 

“Kami mendapat pelajaran yang sangat banyak, dimulai dari proses produksi dari awal hingga tahap akhir, jadi PLN itu tidak sebatas menyalurkan saja tapi bagaimana listrik itu dihasilkan dari bahan bakar hingga sampai kerumah-rumah,” tutur Venny. 

“Dengan adanya kegiatan ini membuat kami semakin tahu bagaimana proses produksi listrik, sekaligus kita jadi paham alasan penyesuaian listrik yang dilakukan bright PLN Batam,” tutupnya.

Hal senada juga diungkapkan Zainab dari Kecamatan Nongsa yang sangat berharap kegiatan seperti ini makin sering dilakukan.

"Jadi tidak sebatas pada Kecamatan Nongsa dan Batam Kota saja, tapi juga untuk Kecamatan lainnya,"jelasnya.

Selain penuh wawasan dan ilmu yang bermanfaat, kegiatan Edutour ini juga disemarakkan dengan pemberian doorprize bagi para peserta yang aktif bertanya atau menjawab pertanyaan. 

Kegiatan One Day Tour Education and Tourism merupakan Edu Tour pertama pada tahun ini. Selain untuk Kecamatan Nongsa dan Batam Kota, kegiatan ini juga akan mengajak Kecamatan-kecamatan lain yang ada di wilayah Batam.(*)



Share on Social Media