News, Pariwisata, Hiburan, Mata Foto, Politik, Batam

Video : Menunjang Pelancong, Pemprov Kepri Membuat Rencana Besar Untuk Pulau Putri

| Rabu 14 Feb 2018 11:01 WIB | 3041




MATAKEPRI.COM, Batam - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan seluruh jajaran pemerintah Kota Batam akan mempersiapkan regulasi bagi pengembangan pariwisata di pulau terluar NKRI, Pulau Putri, yang berhadapan dengan Singapura dan Malaysia.

Saat ini Pemprov Kepri masih merancang Peraturan Daerah (Perda) dalam rangka mengembangkan pariwisata Pulau Putri yang nantinya juga akan diselaraskan dengan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. 

"Pengembangan Pulau Putri tidak mengikuti Rencana Tata Ruang Wilayah, yang saat ini juga sedang digodok DPRD Batam, melainkan bersandar pada Perda RZWP3 Kepri ", ucap Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Batam, Wan Darussalam.


"Pemkot akan mengembangkan pariwisata bahari, terutama mengoptimalkan pantai sebagai objek tujuan pariwisata untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan internasional," tambah Rudi 

Untuk mengembangkan pariwisata di pantai, maka Pemkot perlu memastikan hak pengelolaan di sejumlah pantai.

Hal itu mengingat pemegang hak kelola lahan di Pulau Batam adalah Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, bukan Pemkot.

Menurut dia ada beberapa pantai yang potensial untuk dikembangkan di pulau utama dan pulau penyangga, termasuk sekitar Pulau Putri.

Sambil menunggu regulasi untuk mengembangkan pariwisata di pantai, Pemkot Batam kini memperbaiki infrastruktur kota, juga untuk menarik wisman.

 

Selama ini, kebanyakan wisman, terutama asal Singapura dan Malaysia yang datang ke Batam untuk menikmati wisata dengan berbelanja di tengah kota.

Wali Kota menekankan keseriusan pemerintah membangun industri pariwisata, sebagai penyokong ekonomi masyarakat.

Mengingat Kota Batam adalah kota yang berseberangan dengan negara Singapura dan Malaysia maka pemerintah harus membangun infrastruktur untuk membuat pelancong nyaman selama berada di kota tercinta ini.(**)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait