Batam, News, Kesehatan

Musim Hujan Telah Tiba, Ini Persiapan Agar Badan Tetap Fit

| Kamis 29 Aug 2019 21:53 WIB | 1651




MATAKEPRI.COM, Batam - Setelah beberapa bulan berlalu, yang mana cuaca panas menerangi Kota Batam, akhirnya berganti dengan musim hujan yang kini mulai turun di seluruh kawasan Kota Batam.


Dengan bergantinya musim tersebut beberapa penyesuaian perlu dilakukan agar kondisi badan tetap fit. Dilansir dari doktersehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Kondisi badan tetap terjaga.



1. Selalu membawa payung atau jas hujan


Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, Anda tidak akan tahu cuaca siamg ata sore hari. Bisa jadi Anda terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.


2. Konsumsi makanan sehat


Makanan sehat yang dimaksud adalah makanan yang mengandung nutrisi tinggi kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh. Karena di saat suhu tubuh rendah sangat banyak memerlukan kalori untuk menghangatkan tubuh.


3. Cuci tangan dengan sabun


Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan.


4. Minum air bersih dan sesekali teh herbal


Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Minum teh herbal juga baik baik sekali untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi diminum setela kehujanan.


5. Jaga kebersihan lingkungan


kan Ade saat musim hujan tubuh akan sangat rawan terserang penyakit yang berasal dari sampah yang terkadang mengendap di halaman rumah atau di lingkungan.


6. Mandi setelah kehujanan


karena hal tersebut untuk menghilangkan kuman dari air hujan ataupun air yang terkena saat di jalan, Jangan mandi menggunakan sabun dapat mengusir banyak bakteri yang telah menempel di kulit.


7. Hindari makan di luar

Hal tersebut untuk menghindari kontaminasi dari bakteri luar, karena apabila anda makan makanan yang hangat mampu mencegah batuk pilek dan penyakit lainnya di musim hujan.


8. Penolak serangga


Jumlah nyamuk dan serangga biasanya akan meningkat saat musim hujan. Untuk mencegah gigitan nyamuk dan tetap aman dari gigitan serangga lainnya, disarankan untuk menggunakan penolak serangga ringan. Manfaatkan kelambu untuk mencegah malaria yang merupakan penyakit paling umum selama musim hujan.


9. Gunakan pakaian hangat


Karena dengan berpakaian seperti, suhu tubuh anda akan tetap terjaga. Dan tidak mudah terserang penyakit.


10. Hindari menyentuh wajah Anda


Menyentuh mata dan wajah Anda ternyata akan meningkatkan risiko infeksi, karena tangan Anda mungkin telah terkontaminasi oleh bakteri atau virus saat musim hujan. Jadi, usahakan untuk tidak menyentuh wajah, sekalipun bagia wajah sedang gatal. Bila ingin menyentuh wajah, cucilah tangan hingga bersih terlebih dahulu.


11. Kenakan alas kaki dengan baik


Cacing dan jamur dapat masuk ke tubuh melalui kaki, jadi selalu pakai alas kaki dengan benar saat keluar rumah. Pastikan juga kaki Anda selalu dalam keadaan bersih dan menggunakan sepeti atau sandal yang bersih. Tips kesehatan musim hujan yang perlu Anda perhatikan adalah jika sepatu basah karena kehujanan, selalu siapkan sandal di kantor. Pakailah sandal jika keluar rumah di saat hujan.  (AM)




Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait