Batam, News

Kebakaran Landa Hutan Dan Lahan Kota Batam

Juliadi | Selasa 24 Sep 2019 18:46 WIB | 3701

Kebakaran
Hutan



MATAKEPRI.COM, Batam – Musim kemarau mulai terasa di Batam,dan kabut asap mulai terasa sehingga jarak pandang mencapai 1 kilometer dan Membawa ancaman kekeringan lebih dari itu musim panas juga menimbukan dampak lain berupa ancaman kebakaran hutan dan Lahan ,sehingga Puluhan hektar kawasan Hutan Lindung maupun APL terlalap sijago merah yang berlokasi di Kota Batam, Kamis (19/9/2019).


Manggala Agni Daops Batam,Padamkan api di Monggak, Kota Batam hal ini diungkapkan Humas Manggala Agni Daops Batam, Hermansyah, Selasa (24/9/2019) melalui pesan Whatsapp (WA). 


Menurut Hermansyah, dari hasil kegiatan Pemadaman yang di lakukan Manggala Agni Daops Batam secara gabungan dengan istansi terkait, dalam bulan september 2019 ini, hampir setiap hari melakukan pemadaman sampai detik ini, sudah sekitar 12 kali melakukan pemadaman di bulan september 2019, dengan lokasi yang berbeda beda,baik di Hutan Lindung maupun di lahan APL milik petani maupun perusahaan.


Zubir (42) salah satu Warga Monggak, Kelurahan Rempang Cate Kecamatan Galang, mengatakan di lokasinya sudah dua kali terjadi kebakaran dalam minggu ini sehingga menghanguskan rumah kosong di pinggir kampung Rempang Cate.


Hal senada diungkapkan Jaka Alamsyah,(25) warga desa Sembulang, Kecamatan Galang, penanganan kebakaran di wilayah kampungnya bahkan sudah melibatkan pihak kepolisian.kerawanan ini hendaknya bersama-sama diperhatikan semua pihak. 


”jangan sampai menimbulkan kebakaran lagi,kemarin ada yang membakar lahan dan sudah di amankan pihak kepolisian,”kata jaka.


Dengan banyaknya titik api di Kota Batam dan Wilayah Kepulauan Riau, yang tidak terpantau oleh satelit ,dari pantauan BMKG Kota Batam,bahwa ISPU Batam sempat menunjukan kisaran 170-226 angka itu menunjukan kualitas udara yang kurang sehat.hal demikian membuat warga Batam menderita ISPA lebih  akibat Karhutla.


Dijelaskan Hermansyah, dari data Karhutla, data yang telah dipadamkan Manggala Agni sampai saat ini mencapai 49 kali pemadaman dengan luas Lahan yang terbakar mencapai ± 200 ha yang telah di padamkan Tim Manggala Agni Bersama TNI dan POLRI , PBK Kota Batam. belum yang lain yang belum terdata dari BPBD Kota Batam. (*/Adi) 



Share on Social Media