Otomotif, Batam, News

Capella Kembali Gelar Edukasi Kesekolah-sekolah

Juliadi | Selasa 22 Oct 2019 18:27 WIB | 335

Siswa / pelajar


istimewah


MATAKEPRI.COM, Batam - Minggu lalu Tim Safety Riding Capella Honda berturut-turut melaksanakan edukasi Safety Riding ke dua sekolah menengah atas di Batam. Sekolah-sekolah itu adalah SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 16.


Untuk SMA Negeri 5 Tim Safety Riding Capella Honda sebenarnya menjadwalkan edukasi di hari Rabu tgl.23/10 ini, namun karena dari


pihak sekolah hanya memiliki waktu di hari Rabu kemarin (16/10) maka jadwal tersebut dimajukan. Sebanyak 75 siswa yang mewakili kelasnya berkumpul di aula sekolah untuk mengikuti edukasi ini. Sementara di SMA Negeri 16 yang pelaksanaannya sesuai jadwal, edukasi diikuti 100 siswa.


Banyak hal berkenaan dengan keselamatan berkendara disampaikan oleh Tim Safety Riding Capella Honda di acara bertajuk SUMPAH PEMUDA UNTUK #CARI_AMAN ini. Mulai dari faktor penyebab kecelakaan hingga mengenali potensi bahaya saat berkendara. Di SMA Negeri 5 peserta diajak untuk bisa mengenali sekaligus menghindari potensi bahaya saat berkendara seperti blind spot (titik buta).


Hal yang sama juga disampaikan oleh instruktur Safety Riding Capella Honda kepada peserta edukasi dari SMA Negeri 16 Batam.


Selain itu, para peserta dari kedua sekolah itu juga mendapatkan penjelasan tentang bahayanya menyalip kendaraan tanpa perhitungan.


"Konon, 70% kecelakaan yang berujung fatalitas berawal dari menyalip", kata PIC Safety Riding Capella Honda Budi Winarto. "Dengan tidak menyalip secara serampangan diharapkan kecelakaan fatal bisa dielakkan", kata Budi lagi.


Sedangkan instruktur Safety Riding Capella Honda lainnya Christofer Valentino menyarankan agar menerapkan PAS saat menyalip. PAS disini adalah pertanyaan : Perlukah menyalip? Amankah menyalip? dan Sesuai aturankah saat menyalip? "Jika salah satu dari 3 pertanyaan tadi jawabannya adalah 'Tidak', maka urungkanlah niat untuk menyalip", kata pria yang akrab dipanggil Valen tersebut.


Zulfiani, Waka Humas SMA Negeri 5 sangat mengapresiasi acara ini karena ia menganggap hal ini sangat menambah wawasan siswa tentangĀ 


keselamatan berkendara. Ia bahkan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun di sekolah tersebut.


"Bagi sekolah-sekolah yang ingin dikunjungi oleh Tim Safety Riding Capella Honda, silakan menghubungi Dealer Honda terdekat. Pasti kami bantu," kata Budi menutup pembicaraan. (***)