Nasional , News, Kesehatan

Ini Loh Beberapa Poin Penentu Kemampuan 'Ereksi' Pada Pria

| Sabtu 02 Nov 2019 08:05 WIB | 1864

Kesehatan


Ilustrasi


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Gaya hidup yang sehat sangat penting bagi para lelaki. Selain untuk menangkal risiko berbagai penyakit kronis dan mematikan, juga untuk mempertahankan 'kelaki-lakiannya'.


Pada lelaki, kemampuan ereksi sangat dipengaruhi oleh sehat atau tidaknya gaya hidup. Makin sehat gaya hidupnya, maka akan semakin berkualitas pula ereksinya. Selain tahan lama di ranjang, lelaki dengan gaya hidup sehat juga lebih mampu mempertahankan ereksinya hingga usia yang lebih tua.


Beberapa hal terkait gaya hidup yang menentukan ereksi seorang lelaki antara lain sebagai berikut, dikutip dari Pulse, Senin (26/6/2016).


1. Makanan
Pola makan yang buruk untuk jantung, biasanya buruk pula bagi kemampuan ereksi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa pola makan yang meningkatkan risiko serangan jantung juga memicu penyumbatan pembuluh darah ke arah Mr P. Agar ereksi tidak terganggu, jauhi lemak-lemak jahat dan perbanyak makan buah.


2. Berat badan
Menjaga berat badan selalu ideal juga penting untuk menjaga ereksi, selain tentunya menangkal berbagai risiko penyakit. Kelebihan berat badan, apalagi sampai obesitas, bisa meningkatkan risiko diabetes mellitus tipe 2 yang salah satu komplikasinya bisa memicu disfungsi ereksi.


3. Kebiasaan minum alkohol
Kebiasaan minum alkohol yang berlebihan bisa memicu kerusakan hati dan saraf. Kondisi tersebut akan mengubah keseimbangan hormonal, termasuk menurunkan pelepasan hormon seksual laki-laki yang dibutuhkan untuk bisa ereksi. Jadi kalau mau tetap bisa ereksi, batasi atau kalau bisa hindari alkohol.


4. Olahraga
Begitu banyak penelitian yang mengaitkan gaya hidup sedentary atau kurang gerak, dengan risiko disfungsi ereksi. Olahraga jenis apapun, penting dilakukan untuk menjaga kemampuan ereksi. Aerobik misalnya, akan menjaga kebugaran tubuh sedangkan latihan beban akan membentuk massa otot. Keduanya dibutuhkan dalam menjaga keseimbangan hormon seksual.


5. Kebiasaan merokok
Jelas tercantum dalam kemasan rokok, asap tembakau bisa memicu berbagai macam gangguan fungsi seksual. Disfungsi ereksi adalah salah satunya. Racun nikotin yang terkandung di dalamnya bisa membuat pembuluh darah berkontraksi, sehingga aliran darah menuju Mr P terhambat.


(***)
Sumber detik



Share on Social Media