Nasional , News, Pendidikan

Dapat rangking 3, Siswi SD Ini Justru Di Marahi Orang tua, Ini Kata Psikolog

| Senin 16 Dec 2019 11:33 WIB | 2244

Siswa/Mahasiswa


Ilustrasi


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Beredar video viral tentang seorang ibu yang memarahi putri nya karena mendapat ranking tiga di sekolah. Ibu dari anak tersebut terlihat emosi dan kerap kali menggunakan nada tinggi dengan terus bertanya mengapa si anak menduduki ranking ketiga.


Menanggapi hal tersebut, Dr Nilam Widyarini, MSi, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma menjelaskan alasan mengapa anak mendapat perlakuan yang tak baik demi raih prestasi yang lebih tinggi.


"Orang tua biasanya sedang ada di kondisi stres, depresi, gangguan kesehatannya sedang terganggu. Yang akhirnya orang tua-nya sendiri itu nggak sadar. Kalau apa yang sedang dia lakukan itu salah, dan malah membuat si anak ini kehilangan rasa amannya," ujarnya saat dihubungi detikcom, Senin (16/12/2019).


Nilam menambahkan, kecenderungan orang tua bersikap seperti itu juga terjadi karena beberapa faktor.


"Memang banyak kok orang tua yang menyuruh anaknya untuk berprestasi dengan cara keras ya, itu bisa terjadi karena banyak faktor, banyak hal. Misalnya karena orang tuanya sedang mengalami tekanan di pekerjaan, tekanan sosial, bahkan bisa tekanan di keluarga, tetangga, dan lain-lain, yang melihatkan lingkungan anaknya lebih baik itu kan juga berpengaruh," pungkasnya.



(***)

Sumber detik



Share on Social Media