Nasional , News, Ekonomi, Hukum & Kriminal

Akibat Hoaks, Omzet Penjual Bakso Ini Anjlok dari 1,5 Juta Jadi 15 Ribu Saja

| Minggu 09 Feb 2020 06:54 WIB | 3397



Viral Hoax Jual Bakso Daging Tikus yang anjlokkan omset penjual bakso hingga jutaan rupian.


MATAKEPRI.COM MADIUN -- Omzet Penjualan Bakso Ini Anjlok dari Rp 1,5 Juta Jadi Rp 15 Ribu, Gara-Gara Hoax Daging Tikus.

  

Polisi akhirnya memastikan hal  viral bakso daging tikus itu tidak benar alias hoax. Polisi bahkan menunjukkan kelebihan lain bakso ini. Penjual mengaku rugi jutaan rupiah akibat kabar hoax bakso daging tikus tersebut. 


Tidak adanya kandungan daging tikus di bakso itu disampaikan Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono saat menggelar press converence di Mapolres Madiun, Jumat (31/1/2020) sore.


"Hasil uji lab, dipastikan bahwa hasil sampel penjual bakso daging di Kecamatan  Pilangkenceng  dipastikan negatif daging tikus. Bahkan juga tidak mengandung boraks dan formalin," kata AKBP Ruruh Wicaksono. 


Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono.


Ruruh menuturkan, untuk membuktikan kebenaran, ada tidaknya kandungan daging tikus dalam bakso yang menjadi viral itu, polisi mengirimkan sample ke laboratorium milik Balai Veteriner, Boyolali.


Hasilnya, bakso yang viral itu tidak mengandung campuran daging tikus ataupun kaki tikus, melainkan bagian  daging sapi yaitu bagian mulut.


"Ada tiga hal yg membedakan, satu kemarin yang menempel di bakso tidak terdapat kuku. Kalau kaki tikus asli terdapat kuku. Yang kedua, tidak terdapat telapak kaki, kalai kaki tikus ada telapak kakinya. Ketiga, tidak ada tulang, kalau kaki asli ada tulangnya," ungkapnya.


Atas hasil uji lab tersebut, ia meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak perlu resah dan khawatir mengonsumsi bakso yang dijual oleh SR.


ilustasi pengecekan di Laboratorium.


Dia juga mengimbau kepada warga agar tidak sembarangan memposting informasi yang ke media sosial yang belum dipastikan kebenarannya.



Penjual Rugi Besar

Dalam konferensi pers hadir ADR (20) warga Dusun Jatus, Dersa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun dan temannya berinisial DL, selaku konsumen yang memposting video hingga akhirnya viral di media sosial.


Selain itu, polisi juga menghadirkan SR selaku penjual bakso.


Saat ditanya wartawan, SR mengaku mengalami kerugian sejak baksonya menjadi  viral  karena dianggap terdapat kandungan daging tikus.


"Setelah ramai di dunia maya, omset saya menurun drastis. Sehari yang beli cuma satu-dua orang. Setelah video itu tersebar ke mana-mana, omset saya biasanya sehari bisa Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta  kini menjadi Rp 15 ribu. Semoga omset jualan saya bisa kembali normal," katanya bersedih.


Ia mengucapkan terimakasih kepada pihak kepolisan yang telah membantu membuktikan bahwa bakso yang dijualnya tidak mengandung daging tikus.


ilustrasi berjualan bakso.


Dia berharap, konsumennya tidak lagi ragu atau khawatir untuk membeli di warung miliknya.


"Terimakasih kepada Polres Madiun, yang telah membuktikan bahwa tidak ada daging tikus di bakso yang saya jual, hasilnya negatif," katanya.


Sementara itu, ADR, meminta maaf jika ulahnya memposting video tersebut hingga akhirnya viral dan meresahkan masyarakat.


"Saya di sini selaku konsumen, mengucapkan minta maaf, saya ucapkan minta maaf kepada warga Madiun, khususnya warga Pilangkenceng. Karena waktu itu saya dan teman saya mengira itu kaki tikus," ujarnya.


Diberitakan sebelumnya, video viral bakso  yang diduga berbahan daging tikus berbuntut panjang.


Saat ini tim Polres Madiun tengah menyelidiki kebenaraan kabar yang viral di media sosial tersebut. 


Kasus ini bermula setelah seorang konsumen berinisial ADR memposting status WhatsApp (WA) dilengkapi video berdurasi 24 detik, pada Sabtu (25/1/2020) kemarin malam.


Dalam video tersebut, tampak seseorang sedang meremas bakso yang berada mangkok berwarna hijau.


Kemudian, orang dalam video tersebut menunjukan ada sesuatu benda warna abu-abu menyerupai kaki dengan kuku di bagian ujung, dari bakso yang dia remas.


"Iki opo nek ra sikil'e tikus co," kata seseorang dalam video itu.


Video tersebut diunggah seorang perempuan berinisial ADR (20) warga Dusun Jatus, Dersa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.


Beberapa hari kemudian, video tersebut viral di media sosial.


Kapolsek Pilangkenceng, AKP Sumantri, ketika dikonfirmasi membenarkan pihaknya tengah menyelidiki kasus video viral bakso diduga berbahan daging tikus.


Pihaknya telah meminta keterangan dari pengungah video dan pemilik bakso.


"Kami sudah memanggil yang bersangkutan untuk kami mintai keterangan," kata AKP Sumantri saat dikonfirmasi, Kamis (30/1/2020).


Dari hasil keterangan saksi, pada Sabtu (25/1/ 2020) sekitar 17.30 WIB, membeli bakso di sebuah kedai di Desa Kedungmaron Kecamatan Pilangkenceng sebanyak dua mangkok bersama temannya dan membungkus satu porsi untuk dibawa pulang.


Kemudian sekitar pukil 20.40 WIB, ADR komplain ke penjual melalui WA bahwa bakso yg dibelinya di temukan sesuatu berupa potongan kecil yg diduga mirip kaki tikus.




Selain itu, ADR merekam temuannya itu dan memposting di status whatsappnya.


"Kronologinya pada saat ADR makan bakso di lokasi, di dalam pentol bakso menemukan daging hitam menyerupai kaki tikus. Kemudian pentol bakso di bungkus di bawa pulang, kemudian dia browsing bentuk kaki tikus dan hasilnya mirip yg ada di dalam pentol bakso. Kemudian pentol bakso yang dibawa pulang juga diperiksa dan di dalamnya juga terdapat daging hitam yg menyerupai kaki tikus, kemudian divideokan dan buat status WA," katanya.


Sementara itu, berdasarkan keterangan pemilik kedai bakso, berinisial S mengatakan bahwa bakso tersebut dia beli dari pedagang bakso berinisial A di Desa Sukorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.


Sedangkan A, mengaku mengambil bakso dari wilayah Kabupaten Nganjuk.


"Baksonya ngambil, dia nggak produksi. Sudah sekitar dua tahun berjualan, bukanya pagi hingga sore," imbuhnya.


Saat ini, pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) untuk melakukan uji lab dan penelitian terhadap pentol bakso tersebut guna menguji kebenarannya.


Sumber: tribunsumsel





Share on Social Media