Batam, News, Ekonomi

Melakukan Pelepasan Ekspor Rumput Laut, Edhy Prabowo Minta Budidaya Terus Dikembangkan

| Minggu 08 Mar 2020 09:12 WIB | 2326

DPRD
Menteri/Wamen
KKP


KKP Edhy Prabowo saat nelakuk pelepasan ekspor rumput laut di Pulau Nipah, kecamatan Galang, Kota Batam. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo telah melakukan pelepasan ekspor rumput laut yang akan dikirim ke Cina, dari tempat budidaya yang berlokasi di jembatan II, Pulau Setokok, Bulang, kota Batam.


Pelepasan ekspor yang dilakukan pada Rabu (4/3) lalu, berhasil mengirimkan rumput laut kering hingga berbobot  56 Ton.


      • Baca juga : Tangkap Lima Kapal Ilegal Fishing Edhy Prabowo : Tak Ada Satu Jengkal Air Laut yang Luput Pengawasan

      • Baca juga : 68 ABK Ikut Diamankan bersama Lima Unit Kapal yang melakukan Ilegal Fishing


Dalam kesempatan itu, Edhy juga mengapresiasi para petani rumput laut, hingga bisa menjadikan rumput laut bernilai ekonomis.


Edhy Prabowo menteri KKP (kanan) dan  Wahyudi seorang petani rumput laut (berbaju batik). (Foto : Agung)


"Dulu rumput laut ini tidak berharga, namun di tangan para petani kini memiliki harga jual yang cukup tinggi," ucap Edhy, Rabu (4/3).


Meskipun hingga saat ini pembudidayaan rumput laut ini belum maksimal akibat adanya masalah alih fungsi lahan, namun para petani hingga saat ini masih terus bisa melakukan ekspor dalam jumlah yang cukup besar.


      • Baca juga : Lima kapal Ilegal Fishing Asal Vietnam Kembali Diamankan KKP Batam

      • Baca juga : Virus Corona, Di NTT Kapal Asing Dilarang Bersandar, Untuk Kepri Edhy Prabowo Sebut Hanya Mewaspadai


"Pasti jauh lebih optimal jika rumput laut ini bisa dibudidayakan dan terus di kembangkan oleh para petani, dan mampu menjadikan tempat ini (lokasi budidaya) menjadi tempat yang luar biasa," Kata Edhy.


Edhy juga meminta kepada wakil DPRD kota Batam, Iman Setiawan yang kala itu hadir bersamanya, untuk segera memberikan solusi kepada para petani, sambil menunggu  penyelesaian masalah alih fungsi lahan.


Edhy Prabowo menteri KKP (kiri), Eko Fitriandi selaku wakil Ketua HNSI Kepri, Imam Setiawan selaku wakil ketua DPRD Batam. (Foto : Agung)


"Bisa sampaikan kepada pak walikota untuk segera mencari jalan keluarnya, untuk bisa mengejar pertumbuhan ekonomi sambil menunggu penyelesaian masalah ini," ucap Edhy yang ditujukan kepada Iwan Setiawan, wakil DPRD kota.


"Kepri secara umumnya mempunyai potensi laut yang sangat luar biasa, ini harus kita sadari, dan di sini lah peluang kita untuk memajukan perekonomian," tandasnya. (AM)



Share on Social Media