Batam

Melalui Vicon, TPI Kemenhumkam Lakukan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM

Juliadi | Sabtu 23 May 2020 12:20 WIB | 296

Menteri


Istimewah


MATAKEPRI.COM BATAM -- Setelah melalui proses yang panjang dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) dengan melakukan perubahan pada enam komponen area pengungkit ZI di LPKA Klas II Batam.


Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Kemenhumkam) RI melakukan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi san Wilayah Bitokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) di Lingkungan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Batam dengan mekanisme wawancara melalui Video Conference (Vicon), Aplikasi Zoom yang dilaksanakan, Jumat ( 22/5/2020) Jam 08.00 sd 10.00 WIB.


Bertempat di Ruangan Kepala LPKA, kegiatan evaluasi Satker berpredikat WBK/WBBM Oleh Tim IV TPI Itjen Kemenkumham RI ini diikuti oleh Kepala LPKA Klas II Batam Novriadi,B.Bc.IP., SH,.MM, Semua Ketua Pokja, dan Anggota Tim dari masing-masing Pokja. Kegiatan dibuka oleh Tim IV TPI Helmy Ahirul Apriandi.


Dilanjutkan dengan Penampilan Yel-Yel WBK/WBBM, Pemutaran Vidio Profil LPKA Klas II Batam, Pemaparan Pembangunan ZI Lembaga Pembinaan Khusus Klas II Batam oleh Kepala LPKA Klas II Batam, Laporan kepatuhan pelaksanaan  kewajiban Pengelola Keuangan tentang  LHKPN dan LHKASN yg sudah dilaporkan 100% dan dilanjutkan dengan Sesi tanya jawab Tim IV TPI Itjen Kemenkumham RI dengan Kepala LPKA Beserta Tim Pokja terkait evaluasi enam komponen pengungkit area perubahan.


Dalam sesi tanya jawab Tim Penilai memberikan pertanyaan yang menitikberatkan pada pelaksanaan  6 (enam) komponen pengungkit area perubahan yang telah dilaksanakan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Batam kepada Kepala LPKA Batam dan seluruh Tim Pokja.
    

Dalam sesi ini TPI mempertanyakan terkait realisasi Rencana dan Laporan Kinerja apakah sudah sesuai dengan yang direncanakan dan langsung dijawab oleh Kepala LPKA dan ditambahkan oleh Kepala Urusan Keuangan dan Perlengkapan bahwa sudah sesuai diantaranya penggunaan anggaran untuk penambahan fasilitas diruang pelayanan kunjungan yang menjadi inovasi LPKA Batam dalam pembangunan ZI.
     

Penambahan fasilitas pelayanan kunjungan yang dilakukan LPKA dalam membangun ZI yakni adanya mushola, area bermain anak, ruang laktasi dan toilet. Inovasi ini dibangun untuk kenyamanan pengunjung sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan LPKA Batam. 
   

Diakhir sesi tanya jawab Tim IV TPI memberikan saran dan apresiasi serta masukan terkait evaluasi pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di LPKA Batam untuk selanjutnya ditindaklanjuti dan dipenuhi dalam upaya perbaikan secara berkelanjutan.
   

Mengakhiri Kegiatan Evaluasi Kepala LPKA Batam menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Penilai Internal (TPI) dalam melakukan Evaluasi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Batam walaupun dilakukan secara daring dikarenakan dalam kondisi COVID-19.


"Tetapi kami yakin, hal tersebut tidak melunturkan semangat kita bersama dalam melakukan perubahan yang lebih baik yaitu dalam Pembangunan Zona Integritas untuk menuju WBK/WBBM. Semoga hal ini menjadi langkah awal yang baik, untuk melakukan pelayanan prima kepada masyarakat tanpa pungli,  Korupsi dan berhasil mendapat predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) di tahun 2020 ini” ujar Ka. LPKA. (Ril/Adi)