Batam, News, Kepri

Pemilu 2020, KPU Batam Minta Kepolisian Berikan Pengawalan yang Maksimal

Egi | Kamis 11 Jun 2020 15:49 WIB | 1551

Polres/Ta dan Polsek


Pertemuan Kapolresta Barelang dengan KPU Kota Batam di ruang kerja (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Komisioner KPU Kota Batam bersilaturrahmi dan berbincang terkait Pemilu 2020 nanti dengan Kapolresta Barelang AKBP Purwadi Wahyu Anggoro, pada Kamis (11/6/2020) siang.


Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, Kabag Ops Kompol Isa Imam Syahroni, serta Kasat Intelkam Polresta Barelang AKP Yudiarta Rustam.


Sedangkan dari KPU Kota Batam sendiri Herrigen Agusti Ketua KPU Kota Batam serta 3 orang anggota Komisioner KPU, Martius, William Sei Patti Ratu, dan Jernih Milyati Siregar.


Adapun yang disampaikan pada pertemuan tersebut KPU Kota Batam menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolresta Barelang atas penyambutan yang baik dari pihak Polresta untuk silaturahmi ini.


Usulan dari KPU Kota Batam kepada KPU Provinsi untuk melakukan penambahan TPS pada Pemilu 2020 ini, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Untuk pemetaan TPS akan memperhatikan titik kerawanan bersama Bawaslu Kota Batam, sementara ini data TPS belum diberikan karena belum ditetapkan dengan pasti. 


Dalam kondisi pandemi Covid-19 ini KPU Kota Batam berharap masukan dari pihak Kepolisian, karena pasti ada kelemahan dalam penyelengaraan Pilkada tahun 2020 Kota Batam. Dalam Pendistribusian kotak suara, KPU meminta pihak Kepolisian memberikan pengawalan yang maksimal saat pendistribusian ke TPS-TPS. 


Adanya kekhawatiran dari pihak penyelenggara ditemukannya petugas yang terpapar Covid-19 sehingga dapat mengurangi jumlah petugas yang telah ditetapkan.


Sampai saat ini pelaksanaan tahapan Pilkada tahun 2020 masih menunggu PKPU yang terbaru. Kami meminta kepada pihak kepolisian untuk menempatkan personil di kantor KPU Kota Batam pada saat Pleno. 


Dalam kesempatan ini Kapolresta Barelang menyampaikan Pilkada ini kita fokus untuk bersikap netral dan akan membantu dengan maksimal dan meminimalisir celaan yang ada pada pihak kepolisian. Agar KPU kota Batam menfasilitasi petugas keamanan pada saat pengaman kegiatan di kantor KPU Kota Batam.


"Tetap mengedepankan protokol kesehatan pada saat pencoblosan disetiap TPS. KPU agar menyediakan layar monitor diluar ruangan pleno untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya protes dari kelompok atau tim peserta Pilkada," ujar Kapolresta Barelang.


"Silahkan sampaikan untuk pengamanan komisioner menghindari aksi teror terhadap para komisioner," imbuhnya.


Sekira pukul 11.30 WIB kegiatan silaturahmi antara Komisioner dengan Kapolresta Barelang selesai ditutup dengan foto bersama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. (Egi)




Share on Social Media