Batam

Bantuan Sembako Tahap Empat Dibagikan, Masyarakat Apresiasi Kebijakan Rudi

Juliadi | Rabu 29 Jul 2020 13:01 WIB | 2661

BP Batam


Kepala BP Batam Muhammad Rudi serahkan bantuan ke Warga, Rabu (29/7/2020)


MATAKEPRI.COM BATAM - Bantuan sembako tahap empat kepada masyarakat terdampak corona virus disease (Covid-19) mulai dibagikan. Bantuan yang diberikan pemerintah tersebut tidak lepas dari kebijakan yang di keluarkan oleh Wali Kota/Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi. 


Dimana bantuan sembako tahap pertama dan kedua merupakan bantuan Pemko Batam yang anggarannya berasal dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Batam tahun 2020. Kemudian tahap ke tiga merupakan bantuan sembako dari Pemprov Kepri dan yang ke empat bantuan dari anggaran BP Batam.


"Bantuan yang diberikan pemerintah selama ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat yang memang ekonominya terdampak karena adanya Covid-19," kata Rudi saat menyerahkan bantuan paket sembako tahap empat secara simbolis kepada masyarakat di pertokokan Lubuk Baja, Rabu (29/7/2020).


Berdasarkan data dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Nomor 55/GT/COVID-19/VII/2020 tanggal 3 Juli 2020, data penerima bantuan bahan pokok terdampak Covid-19 di Kota Batam sebanyak 284.223 kepala keluarga.


Paket sembako tersebut akan dibagikan ke 12 kecamatan di Batam, yakni Belakang Padang, Bulang, Galang, Batuampar, Nongsa, Lubuk Baja, Sekupang, Batam Kota, Bengkong, Batu Aji, Sungai Beduk, dan Sagulung. 


"Hari ini sampai Minggu depan bantuan paket sembako tahap empat akan dibagikan semoga bisa memberikan kebaikan bagi kita semua,' katanya.


Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro mengatakan untuk nilai setiap paket sembako tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Hanya saja mungkin kata dia isinya yang bervariatif.


Adapun isi dari paket sembako yang akan dibagikan berupa beras 10 kilogram, indomie 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 2 kaleng, ikan dalam kaleng 425 gram, teh celup, sirup, dan biskuit.


"Harini Kecamatan Lubuk Baja sebanyak 19.729 paket Sembako. Besokd di Kecamatan Belakang Padang sebanyak 2.836 paket Sembako dan Kecamatan Galang sebanyak 3.105 paket Sembako. Sedangkan Kecamatan lainnya dilanjutkan setelah Idul Adha," kata Wahjoe.


Secara teknis pendistribusian paket sembako tersebut akan diserahkan kepada Camat dan Lurah serta RTRW. Sebagaimana yang dilaikukan selama ini, sehingga diharapkan dalam pendistribusian nantinya tidak ada lagi permasalahan di lapangan.


Perwakilan RW Batu Selicin, Suminto mengatakan mewakili masyarakat tentunya memberikan apresiasi kepada pemerintah khususnya Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. Dimana kata dia kebijakan memberikan bantuan sembako tersebut memang sangat meringankan beban masyarakat Batam.


"Ini yang ke empat bantuan diberikan pemerintah kepada masyarakat. Saya mewakili RT/RW dan juga masyarakat tentu sangat memberikan apresiasi kepada Pak Rudi yang berani mengeluarkan kebijakan ini," katanya.


Suminto juga mengucapkan terimakasih kepada Camat dan Lurah khusunya yang berada di wilayah Kecamatan Lubuk Baja. Karena selama ini dalam setiap pembagian sembako langsung turun ke lapangan dan memastikan bahwa masyarakat yang tidak mampu atau terkena dampak Covid-19 sudah menerima bantuan tersebut.


"Sabtu dan Minggu biasanya pegawai libur, tapi untuk saat pembagian sembako pegawai di Kecamatan Lubuk Baja tidak libur. Saya tahu karena Ibu Camatnya sering turun di RW saya," katanya. (r/Adi)



Share on Social Media