Batam, News, Kepri

Bergerak di Bidang Real Estat, PT Puri Global Sukses TBK Laksanakan IPO dan Catat Saham di BEI

Egi | Selasa 08 Sep 2020 13:32 WIB | 2093

Pengusaha
Perusahaan


Direksi PT Puri Global Sukses TBK (istimewa)


MATAKEPRI.COM BATAM -- PT. Puri Global Sukses Tbk sukses melaksanakan Initial Public Offering (IPO) dan mulai mencatatkan saham “PURI” di Bursa Efek Indonesia pada Selasa (8/9/2020).


PT Puri Global Sukses merupakan perusahaan yang bergerak di bidang real estat, konstruksi, pembangunan, pengembang, jasa dan investasi yang berlokasi di Kota Batam, Kepulauan Riau.


Pada masa penawaran umum yang dilaksanakan pada 28, 31 Agustus dan 01 September 2020 Perseroan menawarkan sebanyak 200 juta saham baru atau 20% dari modal disetor perseroan setelah penawaran umum, dengan harga penawaran Rp170 per saham, sehingga total dana yang diperoleh perseroan dari IPO adalah sebesar Rp 34 miliar. 


Pada masa penawaran umum tersebut pemesanan saham PURI mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) mencapai 1,5x (satu koma lima kali) dari total saham yang ditawarkan dimana masa penjatahan telah dilakukan pada (3/9/2020). Dalam IPO ini perseroan telah menunjuk PT. Panin Sekuritas Tbk selaku penjamin pelaksana emisi efek.


Bersamaan dengan pencatatan saham baru, perseroan atas nama pemegang saham pendiri juga mencatatkan 800 juta saham pendiri, sehingga jumlah saham yang dicatatkan di BEI sebanyak 1 miliar saham atau 100,00% dari modal disetor perseroan setelah penawaran umum.


Eko Saputro Wijaya, Direktur Utama Perseroan menjelaskan bahwa sekitar 96,6% dari dana IPO ini akan digunakan untuk meningkatkan penyertaan modal pada perusahaan anak, yaitu PT Puri Karya Bersama (PKB), dimana selanjutnya dana tersebut akan digunakan oleh PKB untuk pembelian lahan. 


"Adanya pembelian lahan tersebut akan meningkatkan cadangan lahan (landbank) yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha perseroan dan perusahaan anak di masa datang," ujar Eko.


Lanjutnya, sementara sisa dana IPO akan digunakan untuk modal kerja Perseroan. Disamping itu IPO ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi perusahaan sebagai wujud penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). 


Hal ini akan berdampak terhadap peningkatan citra perusahaan dan keparcayaan masyarakat kepada perseroan sebagai perusahaaan pengembang properti terkemuka, khususnya di wilayah Kepulauan Riau. 


"Dengan adanya dana hasil IPO ini juga akan memperkuat struktur permodalan Perseroan untuk merealisasikan rencana strategis ke depannya guna meningkatkan kinerja Perseroan," ungkapnya.


Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa meskipun perseroan berskala kecil dari sisi proyek yang telah dikerjakan maupun cadangan lahan (landbank) yang dimilikinya dibandingkan dengan perusahaan sejenis yang sudah go-public, namun perseroan optimis untuk tetap bersaing dengan keunggulan kompetitif yang dimiliki.


"Seperti manajemen yang berpengalaman dalam industri properti khususnya di wilayah Kepri, lokasi property yang strategis, harga produk yang kompetitif, dan sinergi yang kuat dengan para pemilik lahan," ungkapnya.


Adapun informasi perusahaan perseroan didirikan pada tahun 2016 dan bergerak dalam bidang real estat, konstruksi, pembangunan, pengembang, jasa dan investasi. 


Saat ini kegiatan usaha yang memberikan kontribusi pendapatan terbesar adalah dari real estat. 


"Perseroan merupakan pengembang 6 (enam) proyek properti di Kota Batam, yaitu The Monde Residence, The Monde Signature, De Monde Bay Residence, De Monde Junction, De Diamond Residence II dan Permata Residences," imbuhnya (egi)



Share on Social Media