Batam, News, Kepri

Resmi Dilantik, FKDM Jalankan Peran Sebagai Mencegah dan Deteksi Konflik di Daerah

Egi | Rabu 28 Oct 2020 22:39 WIB | 1508

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri


Pengurus FKDM tingkat Kota dan Kecamatan periode 2020-2024 dilantik Pjs Walikota Batam (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat Kota dan Kecamatan periode 2020-2024 akan menjalankan perannya sebagai wadah kewaspadaan dini bersama dengan Pemerintah Kota Batam.


Ketua FKDM, Alwan mengatakan tugas FKDM yaitu untuk memberikan stimulan informasi kepada pihak terkait yaitu kepada intel-intel dari instansi Kepolisian, Kejaksaan dan juga dari TNI.


"Ketika ada permasalahan yang ekstrim terjadi di masyarakat kita akan melaporkannya, kita tidak ada upaya untuk penindakan, kita hanya masuk di ranah preferentif," ujar Alwan pada Rabu (28/10/2020) di Lantai empat Pemko Batam.


Lanjutnya, contohnya yaitu upaya prefentif bisa melakukan suatu bentuk kegiatan seperti kerjasama dengan kampus-kampus dan sekolah-sekolah yang berbentuk sosialisasi.


Seperti yang disampaikan oleh PJS Walikota Batam Syamsul Bahrum juga mengatakan, dengan terbentuknya FKDM, yang akan dihadapi pasti akan ada ancaman, ada tantangan, ada gangguan, dan ada juga hambatan.


"Ketika berbicara ancaman kepada masyarakat, jika ada isu-isu, gejala yang terkait dengan radikalisme, maka dari kawan-kawan kita dari tingkat Kecamatan akan melakukan kroscek kebenaran dan keabsahannya," bebernya.


"Kita lakukan kroscek dulu, dan kita tidak  langsung meminta kepada intel di Kepolisian, Kejaksaan dan TNI untuk langsung menindak lanjuti, tetapi kita akan berikan informasi terlebih dahulu kepada masyarakat," sambungnya.


Saat ini isu-isu yang paling banyak berkembang dimasyarakat adalah isu rasisme dan isu radikalisme. Ini yang harus diminimalisirkan dan harus dihilangkan.


"Isu rasisme dan radikalisme terkadang memunculkan konflik, sehingga berpotensi untuk munculnya suatu ancaman bagi negara kita dan bahkan tidak menutup kemungkinan ancaman suatu bentuk tindak pidana atau kejahatan," pungkasnya.


Sebelumnya, FKDM Kota Batam, Kepulauan Riau resmi terbentuk dan dilantik oleh Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Batam, Syamsul Bahrum yang juga bertepatan dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda.


Adapun pembentukan FKDM ini, diakui Syamsul merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negri RI Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 2 Tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah (egi)



Share on Social Media