Batam

Honda Kepri Gelar Webinar Safety Riding Bersama Club Motor

Juliadi | Kamis 25 Feb 2021 17:27 WIB | 1932

Otomotif
Motor/Mobil



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Bagi pengendara sepeda motor yang bergabung ke dalam klub atau komunitas motor tentu sudah tak asing dengan istilah rolling maupun touring.


Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah seberapa banyak pengetahuan anggota klub atau komunitas motor tersebut tentang Tata Tertib saat rolling atau touring.


Hal inilah yang jadi bahasan saat tim Safety Riding Capella Honda menghelat webinar dengan peserta anggota komunitas motor Honda yang bernaung di bawah OneHeart Community. Sebanyak 30 lebih peserta dari komunitas berbagai type motor Honda di Kepri.


Webinar Safety Riding ini juga diikuti oleh beberapa vlogger Kepri sebagai media partner.


Dengan konsep virtual stage, instruktur safety riding Capella Honda Kepri membuka webinar dengan penyampaian safety riding awareness, tentang filosofi Honda mengenai Safety. Basic skill menjadi materi berikutnya yang berisi tentang persiapan berkendara hingga teknik dasar menikung.


“Banyak anggota komunitas yang belum paham tentang tata tertib touring,“ kata Instruktur Safety Riding Capella Honda Budi Winarto saat penyampaian materi group riding.


Menurut pria yang juga menjabat sebagai Safety Riding Officer di Capella Honda ini ada 3 hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan touring yaitu : persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Di fase persiapan sendiri, kata dia, ada 4 hal yang jadi fokus selain kondisi fisik dan mental peserta yaitu registrasi, legalisasi, delegasi, sosialisasi dan administrasi.


“Proses registrasi membuat komunitas tahu pasti siapa saja peserta touring. Proses legalisasi bermanfaat jika saat di perjalanan touring ada yang menanyakan ijin kegiatan tersebut,” kata Budi.


“ Untuk proses delegasi sangat penting dilakukan yaitu membagi tugas dan kewenangan untuk anggota yang ditunjuk sebagai Road captain, safety officer, technical officer sampai sweeper dan memastikan mereka tahu tugas dan kewenangannya masing-masing,” lanjutnya.


Ditambahkannya, untuk proses sosialisasi dan administrasi bertujuan memberi informasi kepada peserta tentang rencana perjalanan dengan pembagian form serta yang terakhir untuk pendataan peserta.


Diujung acara tim Safety Riding Capella Honda memberi kuisioner secara online dengan hadiah-hadiah bagi yang mampu menjawab dengan tepat dan cepat sejumlah pertanyaan terkait materi yang telah diberikan.


“Selain mengerti dan menambah wawasan tentang touring dan aspek-aspeknya, kami juga selalu mengingatkan peserta tentang cari aman,” sambung Budi lagi.


Seperti yang sudah diketahui selama ini safety riding Honda punya slogan yaitu #cari_aman. Slogan ini menekankan pemakaian helm dan jaket saat berkendara.


“Dan di saat pandemi ini tambah satu lagi yaitu mengenakan masker,” ujarnya.


Budi pun menambahkan jika selama pandemi ini format edukasi Safety Riding Capella Honda diubah menjadi online via aplikasi video conference.


“Jika situasi sudah memungkinkan, kita akan melaksanakan edukasi offline lagi. Dan bagi masyarakat yang ingin ikut serta di acara webinar dapat menghubungi Dealer Honda terdekat,” tutup Budi. (r/Adi) 



Share on Social Media