Bintan

Sopsal Mabesal Gelar Bimtek Pembinaan Bagi Segenap Perwira Korps Pelaut

Juliadi | Senin 31 May 2021 22:44 WIB | 1688

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNG UBAN –  Staf Operasi Angkatan Laut Markas Besar TNI Angkatan Laut  (Sopsal Mabesal)  menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan kepada segenap Perwira Korps Pelaut TNI Angkatan Laut dengan metode hibrid (offline dan online) secara virtual yang berlangsung di Gedung Serba Guna Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (GSG Fasharkan) Komplek Koarmada I Mentigi Bintan Kepri, Senin (31/5/2021).


Kegiatan digelar selama satu hari dipimpin oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI  Didik Setiyono, S.E., M.M., secara virtual di Jakarta, dimana sebelum acara Bimtek dilaksanakan rapid antigen kepada segenap peserta Bimtek.


Acara diawali menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, lalu dilanjukan sambutan oleh Paban I Sopsal Kolonel Laut (P) I.G.Putu Aswan Candra, pembekalan oleh Asops Kasal selaku Ketua Pembina Korps Pelaut. Setelah diskusi dan tanya jawab dilanjutkan dengan doa, lalu kegiatan ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri  dan foto bersama.


Dalam pemberkalannya Asops Kasal mengatakan, Indonesia merupakan Negara Kepulauan terbesar di dunia dengan 17.504 pulau dan luas laut 2/3 dari total wilayahnya, selain itu Sumber Daya Alam sangat melimpah meliputi ikan, mineral, pertambangan dan sektor pariwisata menuntut akan kapasitas TNI Angkatan Lut untuk mengontrol, mengawasi dan melindungi kemanan wilayah laut tersebut.


Asops Kasal lebih lanjut mengatakan, secara Geo Maritim posisi geografis wilayah Indonesia yang strategis mengharuskan Indonesia memiliki kewaspadaan terhadap lingkungan maritim, sehingga dibutuhkan sebuah strategi Pertahanan Maritim yang ideal sesuai UU No 3/2002 pasal 3 (2) yang berbunyi pertahanan negara disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai Negara Kepulauan.


Asops Kasal dengan tegas mengatakan, seorang pemimpin akan disegani lanjutnya, bila memiliki tiga kelebihan antara lain intelektual, moral dan jasmani yang baik.


Asops Kasal juga menambahkan, Perwira Korps Pelaut diproyeksikan mengawaki kapal-kapal kombatan dengan perwira pertama sebagai ujung tombak secara taktis dan teknis yang merupakan leading sektor dalam berbagai latihan.


“Selain itu para perwira Korps Pelaut juga ditugaskan untuk pengawak KRI non kombatan dengan keahlian khusus seperti Hidro Oceanografi dan Penerbang,  sedangkan penempatan lainnya untuk Korps Pelaut adalah pengawak KRI/KAL yang tersebar di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut,” pungkas Asops Kasal.


Hadir dalam kegiatan tersebut Danlantamal IV Laksamana Pertama Indarto,S.E., M.Han melalui vicon, Dansatran Koarmada I Kolonel Laut (P) Herianto T Angi, S.E., Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Sumantri K, M.M., Danlanudal TPI Kolonel Laut (P) Heru Parsetyo, Dan Wing Udara I Kolonel Laut (P) Imam Syafi’i, Asintel Danlantamal IV Kolonel Laut (P) M Nizar Gadafi, Asops Danguskamla Koarmada I Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, Dansatkat Koarmada I Kolonel Laut (P) Tunggul, Dansatrol Lantamal lV Kolonel Laut (P) Arif Perasetiyo, S.E., Danlanal TBK Letkol Laut (P) Puji B, Para Komandan KRI dan Perwira Korps Pelaut wilayah Tanjung Uban, Tanjungpinang, Batam dan Tanjung Balai Karimun serta KRI yang sandar di Tanjung Uban. (r/Adi) 



Share on Social Media