Karimun, News, Politik, Kepri, Karimun

Ria Saptarika: Puasa Ramadhan Menumbuhkan Rasa Solidaritas dan Empati

Egi | Minggu 26 Mar 2023 20:07 WIB | 3793



Ria Saptarika bagikan buku empat pilar MPR kepada warga, (foto;ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- pagayuban Kerukunan Keluarga Banjar (KKB) Kabupaten Karimun ikuti sosialisasi dari Anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau Ria Saptarika pada Sabtu (25/3/2023) sore. 


Adapun sosialisasi yang disampaikan Ria Saptarika yaitu empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal ika, atau yang populer disebut empat pilar MPR. 


Penyampaian empat pilar ini diikuti ratusan masyarakat yang bergabung dalam pagayuban Kerukunan Keluarga Banjar (KKB) Kabupaten Karimun yang memenuhi aula gedung KKB Karimun yang beralamat di jalan Telaga Riau Kelong Atas, Kecamatan Karimun. 


Dalam pemaparannya, Ria Saptarika menyampaikan bahwasanya Ibadah puasa yang kita jalankan adalah sebagai bentuk pelaksanaan ajaran agama yang sangat sesuai dengan sila pertama Pancasila. 


“Ibadah bulan Ramadhan merupakan salah satu amalan seorang muslim yang selaras, dimana Pancasila dan UUD 1945 memerintahkan agar setiap pemeluk agama memegang teguh agama dan melaksanakan ibadah sesuai dengan ajarannya, peningkatan keimanan melalui puasa Ramadhan merupakan cermin seorang pribadi yang mengamalkan Pancasila," kata Ria. 


Mantan Wakil Walikota Batam tersebut juga menjelaskan, puasa seyogyanya mampu memupuk rasa solidaritas dan empati kita kepada masyarakat yang tidak punya atau tidak berkecukupan. 


"Bagi mereka, rasa lapar yang muncul pada bulan Ramadhan ini adalah merupakan keseharian mereka dalam 11 bulan sebelumnya, karena hidup mereka memang berada pada garis kemiskinan atau bahkan di bawah garis kemiskinan. Dengan demikian penderitaan yang dirasakan bersama mestinya melahirkan kekuatan untuk bersatu bagi bangsa ini," tuturnya. 


Bahwa sejarah sudah menunjukkan solidaritas untuk bangkit dan maju telah membuat bangsa ini keluar dari ketertindasan. Solidaritas pula yang membuat perbedaan suku dan agama menjadi sebuah anyaman yang justru Indah. Lanjut senator yang juga anggota MPR RI.


“Untuk itu saya mengajak, mari jadikan puasa Ramadhan ini kesempatan bagi kita untuk merefleksikan diri agar menjadi pribadi dan yang lebih baik. dan mari kita berlomba dalam kebaikan menumbuhkan rasa solidaritas dan empati serta kepedulian yang tinggi diantara sesama masyarakat dan lingkungan kita," imbuhnya. 


Sosialisasi Empat Pilar MPR RI gencar di lakukan oleh seluruh anggota MPR RI di masing-masing daerah pemilihan dengan maksud untuk menyegarkan kembali ingatan seluruh rakyat Indonesia kepada nilai-nilai kebangsaan.


"Serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-milai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. 


Diakhir pemaparannya Ria Saptarika, memberikan kuis berupa pertanyaan kepada para peserta seputar materi sosialisasi yang di sampaikan, dan pada kesempatan tersebut Ria juga membagikan buku paket Empat Pilar MPR kepada peserta yang hadir, dan memberikan bingkisan kepada peserta yang dapat menjawab kuis pertanyaan dengan benar, (egi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait