Batam, Kesehatan

Diskes Lantamal IV Sosialisasikan Pentingnya Skrining Kesehatan

Juliadi | Sabtu 29 Jul 2023 10:52 WIB | 621

AD/AL/AU
Kesehatan
TNI/Polri
Lantamal IV



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV  Letkol Laut (K) Edy Jarot Suryanto, A.Md., bertindak sebagai pengambil apel pagi yang dilaksanakan di Lapangan Apel Lantamal IV Jalan Tamalatea Nomor 1 Batam, Kepulauan Riau, Kamis (27/7/2023)


Apel pagi yang dihadiri oleh Personel Militer dan PNS Lantamal IV tersebut dilaksanakan sebagai wujud melatih kedisiplinan dan tanggungjawab bagi setiap personel, serta sebagai sarana penyampaian informasi dan kebijakan dari pimpinan.


Pada kesempatan tersebut Kadiskes Lantamal IV melalui Penanggung Jawab BPJS Diskes Lantamal IV dr. Nenny Anggraenny menyampaikan, sosialisasi pentingnya melaksanakan skrining kesehatan seluruh Personel.


Dalam sosialisasinya dr. Nenny menyampaikan Skrining kesehatan wajib dilakukan bagi peserta BPJS diatas usia 15 tahun setiap setahun sekali sebagai upaya untuk mencegah empat penyakit yaitu Darah Tinggi, Diabetes Melitus, Penyakit Jantung Koroner dan Gagal Ginjal. 


"Jika tidak melakukan skrining kesehatan, maka peserta dapat tertolak otomatis di sistem P Care saat ingin berobat di fasilitas kesehatan tinggat pertama yaitu Puskesmas dan klinik kesehatan," tegas dr. Nenny.


Selanjutnya dr. Nenny menjelaskan langkah-langkah melakukan skrining kesehatan peserta wajib mendownload aplikasi mobile JKN melalui Link : https://webskrining.bpjs-kesehatan.go.id/skrining/index.html di Handphone dan melakukan pendaftaran, setelah selesai mendaftar peserta melakukan login dan dapat langsung melakukan skrining kesehatan secara mandiri di HP maing-masing.


"Terdapat 47 pertanyaan tentang gaya hidup dan keluhan yang pernah di derita, harapanya peserta BPJS mampu melakukan skrining kesehatan secara mandiri sehingga dapat melakukan pencegahan awal pada empat penyakit diatas," jelas dr. Nenny.


Pada kesempatan yang sama Kadiskes Lantamal IV juga Menyampaikan bahwa pelaksanaan apel pagi bagi setiap personel sangatlah penting, apel pagi bukan hanya sebagai rutinitas dan mengikuti aturan saja, namun juga bisa menjadi pusat informasi bagi seluruh personel.


"Seluruh personel seharusnya dapat mengupdate berbagai informasi dan tidak hanya sebatas informasi kesehatan dan momen apel adalah sebagai salah satu sarana penyampaian informasi yang efektif bagi seluruh personel Lantamal IV," pungkas Kadiskes Lantamal IV. (**/Adi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media