Batam, News, Kepri

Kapal Kargo Alexindo 8 Terbakar, Api Berasal dari Ruang Dapur

Egi | Rabu 21 Feb 2024 21:16 WIB | 386

Polres/Ta dan Polsek
Bandara/Pelabuhan
Transportasi
TNI/Polri
Perusahaan
Kebakaran


Wakil Komandan Kapal Patroli parikesit 7009 AKP Agung Pribadi menunjukkan titik api (foto:Egi)


Matakepri.com Batam - Kapal kargo Alexindo 8 terbakar pada Rabu (21/2/2024) siang di perairan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau. Diduga api berasal dari ruang dapur.


Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. 15 orang Anak Buah Kapal (ABK) kargo Alexindo 8 berhasil diselamatkan oleh nelayan yang berada disekitar kejadian.


Api di kapal kargo Alexindo 8 yang sedang lego jangkar di perairan Batu Ampar,  pertama kali terlihat dari ruang dapur. Diduga api berasal dari sambungan kelistrikan yang ada di atap kapal.


Api dengan cepat membesar karena barang-barang yang ada di dapur mudah terbakar. Selanjutnya api menyambar ke ruang kemudi dan membesar hingga ke ruang ABK.


Salah seorang ABK kapal Robert Tarigan mengatakan, api pertama kali terlihat dari ruang dapur. Selanjutnya api membesar dan langsung menyambar barang-barang yang ada di ruang ABK.


"Api pertama kali terlihat di atap ruang dapur. Kemudian api dengan cepat merambat ke ruangan lainnya. Semua ABK berhasil selamat, tetapi barang-barang berharga kita tidak bisa diselamatkan," kata Robert.


Ditempat yang sama, Wakil Komandan Kapal Patroli parikesit 7009 AKP Agung Pribadi mengatakan, rencananya kapal kargo Alexindo 8 akan berlayar ke Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.


"Sebelum berlayar, kapal terlebih dahulu memuat puluhan kontainer di pelabuhan Batu Ampar. Sambil menunggu izin berlayar dari pihak yang berwajib, kapal saat itu harus lego jangkar di perairan Batu Ampar," kata Agung.


Lanjutnya, hingga saat ini proses pendingan kapal terus di lakukan." Hal ini untuk mencegah api tidak kembali menyala," tandasnya (Egi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media