Batam

Hari Dharma Karya Dhika ke-76, LPKA Kelas II Batam Gelar Baksos dan Donor Darah

Juliadi | Kamis 21 Oct 2021 18:03 WIB | 1472

Tempat Ibadah
Lapas/Rutan/LPKA/LPP


Penyerahan paket sembako secara simbolis, Kamis (21/10/2021)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika ke-76 tahun 2021, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melaksanakan Bakti Sosial yang digelar serentak se-Indonesia.


Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Batam Novriadi, saat Donor darah, (21/10/2021) 


Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Ka LPKA) Kelas II Batam Novriadi, mengatakan, kegiatan pada hari ini diadakan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.


"Yang kedua kita berikan sosial dari petugas LPKA sebanyak 36 paket, kemudian kegiatan donor darah, kita akan bergabung di Lapas Kelas II Batam," ujar Novriadi, Kamis (21/10/2021).


Lanjut dikatakan Novriadi, LPKA Kelas II Batam juga akan menyalurkan hasil pengumpulan zakat pegawai Muslim LPKA Kelas II Batam.


"Zakat akan kita salurkan ke Rumah Tahfiz Baitul Quran di Bengkong Sadai, Masjid Miftahul Jannah Perumahan Ricci Tahap I RW XV, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Rumah Tafiz Al-Hijrah di Perumahan Pesona Rabayu Tiban V dan hari ini kita meresmikan rumah ibadah gereja," jelas Novriadi.


Dikatakan Novriadi, rumah ibadah Gereja ini dapat dimanfaatkan oleh umat kristiani di LPKA dan Lembaga Permasyarakan Perempuan (LPP) serta petugas yang beragama Kristen.


"Disamping itu, kami juga melakukan kegiatan lain yang sifatnya sosial, sehingga memberikan dampak positif kepada masyarakat," tutur Novriadi.


Novriadi juga mengatakan, pada tanggal 26 Oktober 2021, pihaknya akan melakukan Tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Batu Aji dan acara puncak akan digelar tanggal 30 Oktober 2021, akan dilaksanakan upacara secara serentak seluruh Indonesia.


"Untuk pembagian sembako akan dibagikan dilima titik, di Bengkong, Marina, Tiban, Sagulung dan daerah Batu Aji," ungkap Novriadi.


Dikatakannya juga, tujuan kegiatan ini sesuai instruksi pimpinan (Menteri dan Sekretaris Jenderal) yakni berbagi dan membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.


"Ini bukan yang pertama kali, ini yang keempat kali kita laksanakan bansos, mudah-mudahan bulan berikutnya kita juga dapat kembali menyalurkan," ujarnya.


Novriadi juga berpesan kepada masyarakat terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1, agar masyarakat tetap disiplin dengan protokol kesehatan.


Ia berharap di masa yang akan datang agar tidak lagi PPKM, akan tetapi Covid-19 ini habis di Indonesia dan khususnya di Batam. 


"Sehingga kita dapat beraktivitas normal, ekonomi juga tumbuh dan mudah-mudahan Covid-19 bisa berlalu," harap Novriadi.


Selain menyambut Hari Dharma Karya Dhika kegiatan Donor darah yang rutin dilaksanakan ini juga merupakan wujud kepedulian dan solidaritas para petugas pemasyarakatan bagi masyarakat.


Kepala LPKA Batam turut menyaksikan jalannya kegiatan donor darah bersama kepala Lapas Batam dan Lapas Perempuan Batam.


Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat donor darah. (Adi) 



Share on Social Media