Tanjungpinang

KSAL dan Ketua Umum Jalasenastri Lakukan Kunjungan Kerja ke Lantamal IV

Juliadi | Sabtu 26 Feb 2022 10:16 WIB | 1228

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr.Opsla dan Ketua Koordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I beserta jajaran menyambut kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Ketua Umum Jalasenastri di negeri Gurindam Dua Belas Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (25/2/2022).


Dalam menyambut KASAL yang tiba melalui Garbarata Bandara Raja Haji Fisabillilah (RHF), turut hadir Panglima Komando armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda (Laksda) TNI Arsad Abdullah beserta istri.


Mengawali lawatannya di Tanjungpinang KSAL berserta rombongan melaksanakan sholat Jumat di Masjiid Hajar Aswad Komplek Lantamal IV Tanjungpinang dan berlanjut ke Markas Komando (Mako) Lantamal IV.


KASAL dalam konferensi perss-nya menyampaikan, Lantamal IV Tanjungpinang sendiri menurut sejarah pada awalnya adalah Komando Daerah Angkatan Laut (Kodaeral), di mana sejumlah fasilitas sudah terpenuhi untuk memenuhi syarat jika dijadikan sebagai Markas Komando Koarmada I.


“Lantamal IV didukung fasilitas gedung, dermaga, bahkan ada pangkalan udaranya untuk patroli maritim udara. Demikian juga personel yang mengawaki Koarmada I cukup memenuhi dari jumlah personel Lantamal IV yang ada sehingga tidak banyak melakukan pergeseran personel,” kata KSAL.


KSAL menambahkan, semua fasilitas dan sarana prasarana yang ada penting untuk menjaga keamanan Selat Malaka, Selat Singapura dan Laut Natuna yang cukup rawan akan tindak kejahatan.


“Sehingga dengan pepindahan Markas Komando ini akan menjadi lebih dekat dengan komando pengendali,” tutur KSAL.


Kedatangan KSAL di Lantamal IV ini disambut dengan jajar kehormatan oleh prajurit serta valreep. Nuansa kebudayaan melayu khas Kepulauan Riau seperti tari Zapin, seni beladiri silat, tepung tawar dan pengalungan bunga simbol ucapan selamat datang kepada tamu agung disuguhkan kepada orang nomor satu di angkatan laut ini.


Yang unik dari penyabutan ini adalah pertunjukan tari Zapin Gending Jalesveva Jayamahe oleh prajurit Lantamal IV Tanjungpinang. Yang mana Tari tersebut sempat dipopulerkan dalam Festival Zapin Penyengat yang sukses diinisiasi Lantamal IV.


KSAL  juga menggelar rapat dengan pimpinan Lantamal IV di Aula Yos Sudarso.


Ia mendengar langsung paparan Aslog Kasal dan Komandan Lantamal IV mengenai sarana prasaran yang ada di wilayah Lantamal IV Tanjngpinang.


KSAL juga melihat langsung kesiapan sejumlah sarana prasaran yang ada di jajaran Lantamal IV Tanjung Pinang, dalam rangka perpindahan Markas Komando sejumlah organisasi sehubungan dengan validasi organisasi Koarmada RI.


Selanjutnya, KSAL meninjau sejumlah fasilitas huni bagi prajurit sepertihalnya Mess perwira Soekarno-Hatta, Rumah Jabatan Ciku Yonmarharlan IV, Komplek TNI AL Dewaruci, dan Komplek TNI AL Rajawali Kampung Jawa


KSAL juga diagendakan akan meninjau sarana prasarana yang ada di Tanjung Uban Pulau Bintan guna melihat sejauhmana kesiapan TNI AL dalam perpindahan sejumlah organisasi tersebut.


Adapun Ketua umum Jalasenastri Ibu Vero Yudo Margono juga meninjau fasilitas Jalasenastri Korcab IV DJA I di antaranya adalah Galeri Korcab, Taman Olive dan taman Bahari.


“Saya melihat sangat terawat dengan baik hasil budidaya ibu-ibu Jalasenastri Korcab IV DJA I,” kata Ketua Umum Jalasenastri. (**/Adi) 



Share on Social Media